//

ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANI SAWI (BRASSICA RAPA VAR. PARACHINENSIS) PADA KELOMPOK TANI TGK BAK ASAN KECAMATAN KUTA BARO DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ismiranda Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ismiranda Putri.“Sistem PemasaranTanaman Sawi Pada Kelompok Tani Tgk Bak AsanKecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Budidaya tanaman hortikultura merupakan salah satu andalan bagi sektor pertanian. Hal ini dapat dilihat dari permintaan tanaman hortikulthural yang setiap tahunnya kian meningkat. Seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat di Indonesia maka kebutuhan akan pangan terutama makanan pokok seperti buah dan sayuran akan meningkat.Tanaman sayur dapat berbentuk rumput, perdu, semak, atau pohon. Bentuk pertumbuhanya tegak pendek, menjulang, atau menjalar dengan hasil berupa umbi, bunga, buah atau biji. Umumnya tanaman sayur berbunga sempurna (hermaphrodit), yakni dalam satu bunga terdapat bunga jantan dan betina. Alat reproduksi jantan disebut benang sari (stamen). Benang sari mengandung tepung sari (polen) dalam kantong sari (anthera). Sementara alat reproduksi betina disebut putik (pistillum). Putik terdiri dari bagian bakal buah (stigma). Benang sari Ada pula tanaman yang berbungga betina dan jantannya terpisah atau berkelamin tunggal (unisexualis), tetapi dalam satu pohon. Selain itu ada juga tanaman sayur yang berumah satu (monoecus), seperti melinjo, nangka, dan keleweh. Tanaman sayur sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya tanaman ini dikenal sebagai tanaman perkebunan rakyat, tetapi kini lebih dikenal dengan nama hortikultura. Budidaya sayuran perlu pengolahan dan perhatian yang lebih dari tanaman lain. Agar dapat menghasilkan tanaman yang v maksimal.Sayuran sangat penting dikonsumsi untuk kesehatan masyarakat. Nilai gizi makanan sehari-hari dapat duperbaiki dengan mengkonsumsi sayuran, karna disayuran merupakan sumber vitamin, mineral, protein nabati,dan tentunya serat. Menurut hasil seminar Gizi tahun 1963 dan Workshop of Food tahun 1968, setiap orang indonesia memerlukan sayuran sebanyak 150 g berat bersih/orang /hari dalam menu makanannya. Dari sekian banyak tanaman horthikultura, Sawi (Brassica juncea L. Coss) merupakan salah satu komoditas tanaman hortikultura dari jenis sayur sayuran yang di menfaatkan daun-daun yang masih muda. Daun sawi sebagai makanan sayuran memiliki macam-macam manfaat dan kegunaan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Sawi selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan sayuran, juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan (terapi bermacam-macam penyakit). Selain itu sawi juga digemari oleh konsumen karena memiliki kandungan pro-vitamin A dan asam askorbat yang tinggi. Ada dua jenis sawi yaitu sawi putih dan sawi hijau. Keduanya dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi.Oleh karena itu,dalam laporan tugas akhir ini akan dibahas secara terperinci mengenai lokasi yang strategis, cara budidaya, pemberantasan hama dan penyakit serta panendan pasca panen,dan tentunyasistempemasaran sawi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK PENGEMBANGAN AGRIBISNIS USAHA TANAMAN SAWI PADA KELOMPOK TANI TGK BAK ASAN DESA LAMBADA PEUKAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (HUMAIRA ABDULLAH, 2017)

STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN TADAH HUJAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEHBESAR (Salman, 2021)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

ANALISIS KONTRIBUSI PENGHASILAN WANITA PADA CV. USAHA GELORA TANI DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Rahmah Caesary Nazir, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN BUAH-BUAHAN PADA CV. USAHA GELORA TANI DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Afnizar, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy