//

OTOMATISASI PENENTUAN NILAI AMBANG PADA HISTOGRAM TEREKUALISASI CITRA DOKUMEN KUNO MENGGUNAKAN METODE GOLDEN SECTION SEARCH (GSS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Baihaqi - Personal Name
SubjectIMAGE PROCESSING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Elektro
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Dokumen kuno cenderung mengalami banyak gangguan atau derau karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dipengaruhi usianya yang sudah tua. Hal ini dapat mengurangi tingkat keterbacaan dari dokumen tersebut. Oleh karena itu diperlukan proses digitalisasi dan restorasi untuk mengembalikan tingkat keterbacaan dokumen. Penelitian terdahulu telah dilakukan untuk merestorasi citra dokumen kuno menggunakan metode histogram terekualisasi. Metode tersebut berhasil menghilangkan derau dengan sangat baik. Namun proses penentuan nilai ambangnya masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengotomatisasi penentuan nilai ambang minimum menggunakan metode Golden Section Search (GSS). Untuk memudahkan proses penentuan nilai ambang secara otomatis, histogram terekualisasi dihaluskan (smoothing) terlebih dahulu menggunakan Cubic Spline Interpolation (CSI). Untuk mengukur kinerja dari metode digunakan parameter recall dan precision. Hasil simulasi menunjukkan bahwa otomatisasi penentuan nilai ambang memiliki keunggulan karena proses penentuan nilai ambangnya menjadi lebih mudah. Kinerjanya dapat dilihat dari citra binerisasi yang dihasilkan dengan nilai rata-rata recall dan precision yang seimbang antara manual dan otomatis yaitu 98,188485%. Nilai rata-rata recall dan precision adalah sama, karena tidak ada karakter yang hilang pada citra hasil binerisasi. Kata kunci: nilai ambang minimum, histogram terekualisasi, Cubic Spline Interpolation (CSI), Golden Section Search (GSS), recall, precision.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI METODE BINERISASI NASKAH DIGITAL MENGGUNAKAN METODE NIBLACK DENGAN JAVA (Suhendra, 2014)

KOMBINASI METODE NIBLACK DAN SAUVOLA UNTUK BINERISASI DOKUMEN JAWI KUNO (PUTRI AFRAH, 2018)

DETEKSI CACAT TEKSTIL MENGGUNAKAN FITUR KOEFISISEN APROKSIMASI WAVELET DAN EUCLIDEAN DISTANCE (Andika Saputra, 2014)

PENINGKATAN KUALITAS TERBINERISASI DENGAN PENGHAPUSAN ARTEFAK PADA CITRA DOKUMEN JAWI KUNO (Khairunnisa, 2018)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK BERBASIS CONTEXTUAL DESIGN UNTUK RESTORASI CITRA DIGITAL DENGAN METODE SAUVOLA (Rafsanjani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy