//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Martupa Lubis - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian berjudul “Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi di Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Tahun Ajaran 2014/2015” ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan pada materi konsep reaksi oksidasi-reduksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X-MIA 3 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya yang berjumlah 21 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengukuran, observasi, dan komunikasi dengan menggunakan instrumen tes tertulis, lembar observasi, dan angket. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Spearman-Brown kemudian ditentukan product momentnya. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa tergolong dalam kategori baik dengan persentase sebesar 90,48%. Hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama dan kedua masing-masing 84,03% dan 83,33% atau secara keseluruhan sebesar 83,78%. Tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik terdiri dari 87,62% tanggapan positif dan 12,38% tanggapan negatif. Kata Kunci: pendekatan saintifik, hasil belajar, aktivitas siswa, tanggapan siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVITA SARI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TW) PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Fanilawati, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X-MIA 1 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Ornila Zumarni, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SEUNAGAN TAHUN AJARAN 2015/2016 (Noviliya Roza, 2016)

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT DI KELAS IV SD NEGERI 6 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Anjar Asmara, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy