//

PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI PATI UBI KAYU BERPENGUAT NANO SERAT JERAMI DAN ZNO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chairul Amni - Personal Name
SubjectPLASTICZERS (PLASTICS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Pembuatan film plastik biodegradable telah dilakukan dengan menggunakan pati ubi kayu yang berfungsi sebagai bahan baku utama, aquades yang berfungsi sebagai pelarut, serta nano Serat Jerami, ZnO dan campuran keduanya yang berfungsi sebagai penguat bioplastik. Pati ubi kayu dipilih sebagai bahan baku pembuatan plastik karena selain mudah didapat dan harganya murah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat plastik yang dapat mengurangi dampak lingkungan dengan melihat pengaruh konsentrasi penguat yang digunakan terhadap sifat mekanik film, daya serap air, dan laju penguraian dari plastik tersebut. Penguat yang digunakan adalah nano Serat Jerami, ZnO dan campuran keduanya dengan konsentrasi berat 1%, 3%, 6%, dan 9% dari masing-masing penguat. Pengujian sifat mekanik (kuat tarik dan elongasi) menggunakan Electronic System Universal Testing Machines, pengujian daya serap air dilakukan dengan cara merendam film tersebut di dalam air selama 24 jam, dan pengujian laju penguraian dilakukan dengan cara menguburkan film ke dalam tanah. Hasil penelitian menunjukkan nilai kuat tarik tertinggi diperoleh pada konsentrasi 9% ZnO 0,32 kgf/mm , sebaliknya persen elongasi tertinggi diperoleh pada konsentrasi 1% nano serat jerami yaitu 34%. Daya serap air terendah diperoleh pada konsentrasi 9% Zno yaitu 16% yang paling tinggi penyerapan air pada konsentrasi nano serat jerami 1% adalah 27,23% dan proses penguraian terjadi selama 18 - 27 hari. Kata kunci: biodegradable, pati ubi kayu, nano serat jerami, ZnO

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (ZULAIHA, 2019)

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (RATU NURUL ALAM NAQIATUDDIN, 2019)

PEMBUATAN PLASTI BIODEGRADABEL DARI PATI JAGUNG SEBAGAI ACTIVE PACKAGING BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN (Gifari Jakawali, 2018)

PEMBUATAN BIOPLASTIK KOMPOSIT DARI PATI UMBI JANENG - KHITOSAN DENGAN PEMLASTIS MINYAK SAWIT DAN GLISEROL (Narlis Juandi, 2017)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOPLASTIK DARI KITOSAN, PATI TALAS (COLOCASIA ESCULENTA) DAN MINYAK JARAK (Gunawan Fajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy