//

PEMANFAATAN LIMBAH CAIR TAHU DAN AIR KELAPA UNTUK MEMPERBAIKI SIFAT KIMIA TANAH, MENINGKATKAN HASIL DAN KUALITAS BIJI KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERILL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nailis Saadah - Personal Name
SubjectORGANIC FERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Limbah cair tahu dan air kelapa merupakan limbah yang banyak dihasilkan baik dari rumah tangga maupun industri yang banyak terdapat di Aceh. Limbah ini dapat dijadikan sebagai pupuk organik sehingga dapat meningkatkan hasil dan kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah organik cair terhadap beberapa sifat kimia tanah, hasil dan kualitas kedelai. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan percobaan pot menurut Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 2 x 4 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah jenis limbah cair yang terdiri atas 2 taraf yaitu limbah cair tahu dan air kelapa. Faktor kedua adalah dosis limbah organik terdiri 4 taraf yaitu 0 ml/pot, 100 ml/pot, 200 ml/pot, dan 300 ml/pot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah cair tahu berpengaruh terhadap hasil kedelai (jumlah polong, bobot kering biji dan bobot 100 butir), sedangkan pemberian air kelapa berpengaruh terhadap kualitas biji kedelai (protein dan lemak). Kata kunci : Limbah cair tahu, air kelapa, kualitas tanah dan kedelai

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LIMBAH TAHU UNTUK MEMPERBAIKIRNSIFAT KIMIA DAN BIOLOGI TANAH PADA TANAMAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS VAR. SACCHARATA STURT L.) (Hidayani, 2014)

PENGARUH PEMUPUKAN NITROGEN DAN FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI, SERTA MUTU FISIOLOGI BENIH KEDELAI (GLYCINE MAX (L) MERILL.) (Cut Fitri, 2016)

PENGARUH RESIDU PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH DAN KANDUNGAN PROTEIN PADA KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERR) (CUT RISNA GUSNITA, 2020)

PENGARUH RESIDU PEMBENAH TANAH TERHADAP SERAPAN HARA DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRILL) (Desy Bardiana, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TETRASELMIS SP. (Agus SriMuliadi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy