//

DAYA TAHAN SUSU KAMBING PASTEURISASI YANG BERASAL DARI PETERNAKAN TRADISIONAL KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP ANGKA LEMPENG TOTAL BAKTERI DAN ESCHERICHIA COLI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang resni yulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui jumlah angka lempeng total bakteri (ALT) dan Escherichia coli pada susu kambing pasteurisasi yang berasal dari peternakan tradisional Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2015. Sebanyak 2 liter sampel air susu kambing segar dengan 2 kali pengulangan. Setelah sampai di laboratorium susu dipasteurisasi pada 650C selama 30 menit, kemudian disimpan selama 0, 2, 4, 6, 8 dan 10 hari untuk dilakukan pemeriksaan terhadap jumlah ALT pada media Plate Count Agar (PCA) dan E. coli pada media Eosin Metylen Blue (EMB). Pemeriksaan jumlah bakteri dilakukan dengan metode Total Plate Count dengan pengenceran 102, 104, dan 106 secara duplo, setelah diinkubasi 24 jam pada temperatur 37°C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah ALT koloni bakteri pada 0 sampai 4 hari penyimpanan masih memenuhi standar SNI yaitu 6x103 cfu/ml. Sedangkan jumlah cemaran E. coli maka susu kambing pasteurisasi hanya layak disimpan sampai 6 hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BAKTERIOLOGI SUSU KAMBING (Muhammad Ridho, 2014)

JUMLAH CEMARAN TOTAL PLATE COUNT (TPC) DAN ESCHERICHIA COLI SUSU KAMBING SEGAR YANG BERASAL DARI USAHA TERNAK KAMBING PERAH DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Ibnu Affan, 2017)

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SEBELUM DAN SESUDAH DIPASTEURISASI DI PETERNAKAN LAMTEUMEN BANDA ACEH (M. HEIDY UTAMA PUTRA KUSMAWAN, 2020)

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SEBELUM DAN SESUDAH DIPASTEURISASI DI PETERNAKAN LAMNYONG KOTA BANDA ACEH (Mirza Yusa, 2017)

HIGIENE DAN SANITASI SUSU SAPI FRIESIAN HOLSTEIN BERDASARKAN ANGKA PALING MUNGKIN (APM ) ESCHERICHIA COLI DI KOTA PADANG PANJANG, SUMATERA BARAT (Azizah Zakiya, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy