//

SISTEM INFORMASI PENILAIAN KONDISI JALAN BERBASIS APLIKASI WEB

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Zakiul Hanif - Personal Name
SubjectROADS-ENGINEERING
TRANSPOTATION ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

SISTEM INFORMASI PENILAIAN KONDISI JALAN BERBASIS APLIKASI WEB Oleh : Teuku Zakiul Hanif NIM. 1309200060107 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng ABSTRAK Kegiatan penyelenggaraan jalan merupakan suatu kesatuan proses dari: pemrograman; penganggaran; perencanaan; pembangunan; pengawasan dan pemeliharaan jalan. Penyelenggara jalan wajib memprioritaskan pemeliharaan, perawatan dan pemeriksaan jalan secara berkala untuk mempertahankan tingkat pelayanan jalan sesuai dengan SPM (standar pelayanan minimal) yang ditetapkan. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian Iskandar di Tahun 2015, melakukan 2 teknik survei dalam penilaian kondisi jalan, dan merekomendasikan pengembangan sistem informasi berbasis aplikasi Web. Penelitian ini dikemba-ngkan sistem informasi penilaian kondisi jalan berbasis aplikasi Web. Aplikasi Web menerapkan model penilaian kondisi jalan dengan 3 indikator (RCI (Road Condition Index), IRI (International Roughness Index), dan persentase luasan kerusakan) yang ditetapkan Bina Marga. Survei kondisi jalan dengan metode visual menghasilkan nilai RCI, dikonversikan menjadi nilai IRI, dengan mempertimbangkan masukan Lalulintas Harian Rata-Rata Tahunan (LHRT), aplikasi akan mendefinisikan hubungan (model) RCI; IRI; LHRT dan nilai kondisi jalan, ke dalam panjang nilai kondisi jalan. Survei kondisi rinci jalan menghasilkan luasan kerusakan, aplikasi Web mengkonversikan ke dalam persen-tase kerusakan, mempertimbangkan hubungan persentase kerusakan dan nilai kondisi jalan, aplikasi mendefinisikan ke dalam panjang nilai kondisi jalan. Sistem informasi penilaian kondisi jalan (SIPKJ) berbasis aplikasi Web yang terbangun, dapat diakses dengan alamat www.sip-kj.com. Model penilaian kondisi jalan melalui survei kondisi jalan dengan metode visual untuk menilai pemenuhan SPM kondisi jalan terhadap 5 ruas jalan yang ditinjau, diperoleh angka pemenuhan sebesar 165,12 %. Pengkomputasian model penilaian kondisi jalan melalui survei kondisi rinci jalan, dapat menganalisis usulan jenis penanganan dan juga memberikan urutan prioritas penanganan berdasarkan informasi luasan kerusakan (tingkat kerusakan) dan besarnya alokasi anggaran yang dibutuhkan, terhadap 5 ruas jalan yang ditinjau, diketahui jalan DR.MR.H.T.Muhammad Hasan pada urutan prioritas pertama, diikuti jalan Hasan Dek, jalan Hasan Geuleumpang Payong, jalan Daud Bereueh dan jalan Syiah Kuala. Kata Kunci : Sistem informasi, kondisi jalan, Aplikasi Web.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PELAPORAN JALAN RUSAK DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS ANDROID (MUHAMMAD YAASIR, 2019)

PENERAPAN VALUE ENGINEERINGRNRNPADA PEKERJAAN BANGU NAN BAWAHRNRNPENGGANDAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH (JOHNNERI FERDIAN, 2015)

STUDI PENYEBAB TERJADINYA PENURUNAN BADAN JALAN PADA KM 605+400 RUAS JALAN SUBULUSSALAM – LIPAT KAJANG DENGAN PENANGANAN PONDASI CAKAR AYAM MODIFIKASI (CAM) (ALIMUNIR, 2020)

APLIKASI SISTEM INFORMASI PROYEK UNTUK EVALUASI KEGIATAN ADMINISTRASI BELAJAR MENGAJAR BERBASIS WEB (RIFQHI AMMAR, 2021)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KONDISI JALAN PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS API (IBNU SIDDIQ, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy