HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Pengarang

Kartika Sarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar
Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Prestasi belajar akan optimal jika ada motivasi. Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa turut mempengaruhi ketercapaian prestasi belajar siswa. Sehubugan dengan permasalahan tersebut, maka penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh dengan tujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan sebaran angket dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product-moment sederhana dan hipotesis diuji dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil perhitungan korelasi diperoleh r = 0,53 menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi positif sebesar 28,09% terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh sedangkan 71,91% ditentukan oleh faktor lain. Hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 30 – 2 = 28, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,3075 > 1,70. Dengan demikian, Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian juga ditemukan bahwa motivasi belajar berada pada kategori sedang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK