//

KORELASI NILAI MATA KULIAH GEOMORFOLOGI DAN GEOGRAFI TANAH SERTA EROSI DAN KONSERVASI LAHAN DENGAN EVALUASI SUMBER DAYA LAHAN MAHASISWA FKIP GEOGRAFI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WIRDATUL AHYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: korelasi, geomorfologi, geografi tanah, erosi dan konservasi lahan, evaluasi sumber daya lahan Penelitian ini berjudul korelasi nilai mata kuliah Geomorfologi dan Geografi Tanah serta Erosi dan Konservasi Lahan dengan Evaluasi Sumber Daya Lahan mahasiswa FKIP Geografi. Masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat korelasi nilai mata kuliah Geomorfologi dan Geografi Tanah serta Erosi dan Konservasi lahan dengan Evaluasi Sumber Daya Lahan mahasiswa FKIP Geografi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui korelasi nilai mata kuliah Geomorfologi dan Geografi Tanah serta Erosi dan Konservasi Lahan dengan Evaluasi Sumber Daya Lahan mahasiswa FKIP Geografi. Hipotesis penelitian yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara nilai mata kuliah Geomorfologi dan Geografi Tanah serta Erosi dan Konservasi Lahan dengan Evaluasi Sumber Daya Lahan mahasiswa FKIP Geografi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan Tahun 2010 dan 2011 yang sudah lulus mata kuliah Geomorfologi, Geografi Tanah, Erosi dan Konservasi Lahan serta Evaluasi Sumber Daya Lahan yang berjumlah 210 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 mahasiswa yang diambil dengan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi ganda, koefisien determinasi berganda, koefisien korelasi ganda, dan uji F. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai korelasi (R) antara nilai mata kuliah Geomorfologi dan Geografi Tanah serta Erosi dan Konservasi Lahan dengan Evaluasi Sumber Daya Lahan adalah 0,581 yang berarti terdapat korelasi yang sedang. Nilai koefisien determinasi ganda yang diperoleh dari hasil penghitungan adalah 0,3385 atau 33,85%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 10,95 > 2,75, yaitu tolak H0, artinya terdapat korelasi yang signifikan antara nilai mata kuliah Geomorfologi dan Geografi Tanah serta Erosi dan Konservasi Lahan dengan Evaluasi Sumber Daya Lahan mahasiswa FKIP Geografi Angkatan Tahun 2010 dan 2011.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN NILAI MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014-2015 (Ramadhan Wan Fitrah, 2019)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN NILAI MATA KULIAH MAGANG III MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014–2015 (YUSWARDI CRYSIA RANGGA, 2019)

KORELASI NILAI MATA KULIAH KAJIAN MATERI GEOGRAFI SMA DAN NILAI MATA KULIAH KAJIAN MATERI SMP DENGAN NILAI MATA KULIAH MAGANG KEPENDIDIKAN III MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2015 (ELVIKA ZURAY, 2020)

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BUDAYA GEOGRAFI INDUSTRI DAN GEOGRAFI EKONOMI DENGAN MATA KULIAH KKL I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Putera Andika, 2019)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI PEMB ELAJARAN GEOGRAFI DAN MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN NILAI PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (NUR ATIKA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy