//

HUBUNGAN DENTAL NEGLECT TERHADAP STATUS PERIODONTAL PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Setyaki Laksana Pratama - Personal Name
SubjectORAL HYGIENE
PERIODENTICS - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Dental neglect merupakan manifestasi dari perilaku atau sikap yang berkaitan dengan pengabaian kesehatan gigi dan mulut, hal tersebut merupakan salah satu prediktor kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Dental neglect sering terjadi pada kelompok usia remaja disebabkan karena adanya pengaruh perubahan perilaku dan sikap dari ketergantungan ke arah kemandirian. Perilaku pengabaian kesehatan gigi dan mulut pada remaja sangat berpengaruh terhadap risiko peningkatan penyakit periodontal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan dental neglect terhadap status periodontal pada remaja di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar tahun 2015. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan metode cross sectional, dengan jumlah subjek penelitian adalah 67 orang. Tingkat pengabaian kesehatan gigi dan mulut diukur dengan mengunakan Dental Neglect Scale (DNS) dan pemeriksaan status periodontal diukur dengan mengunakan Community Periodontal Index (CPI). Hasil uji Fisher antara tingkat dental neglect terhadap status periodontal diperoleh nilai p < 0,05, hal ini menunjukan hubungan yang signifikan. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dental neglect terhadap status periodontal pada remaja di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Kata Kunci : dental neglect, status periodontal, remaja

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP INDEKS ORAL HYGIENE PADA SISWA SMPN 1 BANDA ACEH (Savitri, 2015)

GAMBARAN ORAL HYGIENE ANAK DI SD N 55 KOTA BANDA ACEH (STUDI DILAKUKAN PADA ANAK KELAS 1 DAN 2 SD) (IRMA SURYANI, 2018)

GAMBARAN INFEKSI GIGI DAN MULUT DI BAGIAN POLI GIGI PUSKESMAS BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH TAHUN 2016 (Junita Ardila, 2017)

HUBUNGAN KARIES GIGI (INDEKS DMF-T) DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN DI MIN MESJID RAYA BANDA ACEH 2011. (Widya Wati Sofiana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy