//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI MANGGIS (GAERCINIA MONGOSTANA L.)PADA PT. MEKAR UNGGUL SARI KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Panji Pranata - Personal Name

Abstrak/Catatan

Panji Pranata. Nim 1005002010011. Analisis Pendapatan Usaha Tani Manggis (Gaercinia Mongostana L) pada PT. Mekar Unggul Sari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dibawah Bimbingan Agustina Arida, SP, M.Si Pengembangan produk pertanian yang berpotensi di pasar, menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat mengatasi dampak krisis ekonomi global. Apalagi, peluang pertanian di Indonesia masih sangat besar. Selain ditopang lahan yang sangat luas, kesuburan tanah ikut mendukung pengembangan pertanian yang masih bersifat tradisional menuju pertanian modern. Praktek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pendapatan usaha tani manggis (Gaercinia mongostana L) pada PT. Mekar Unggul Sari Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Metode praktek yang dilakukan adalah studi kasus. Pengumpulan data pada kegiatan praktek ini dilakukan dengan mengamati, melakukan dengan verifikasi dan mencatat data primer yang ada selama kegiatan lapangan. Pengumpulan data secara keseluruhan ditempuh dengan cara : Library Research ( praktek kepustakaan) Praktek ini dilakukan melalui studi kepustakaan dengan menelaah sejumlah buku, karya ilmiah, literatur dan referensi yang ada kaitannya dengan praktek ini. Field Research (praktek kelapangan). Observasi : melakukan pengamatan langsung, pencatatan sistematis mengenai hal - hal yang diselidiki dengan tujuan memperjelas objek yang akan diteliti. Pembagian Quisioner : pengumpulan data dengan menyebar sejumlah pertanyaan yang telah dipersiapkan v terlebih dahulu. Wawancara dilakukan secara langsung dengan pihak-pihak terkait melalui pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut dengan objek praktek. Agar dapat memberikan keuntungan yang optimal, usahatani buah-buahan perlu dilakukan dengan pendekatan agribisnis. Dalam agribisnis, penanganan kegiatan mulai dari perencanaan usaha, penyediaan sarana dan prasarana, budidaya tanaman, sampai dengan penanganan hasil dan pemasarannya dilakukan secara terintegrasi dan saling menunjang. Berdasarkan hasil praktek diperoleh rata-rata nilai produksi usaha perkebunan manggis tahun 2013 dengan luas lahan 1 Ha dalah Rp 89.680.000,- /Ha sedangkan biaya produksi yang dikeluarkan Rp 24.530.082,-/Ha maka diperoleh pendapatan Rp 65.149.918,-/Ha, ini dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja. Dari analisis R/C Ratio sebesar Rp 3,6 artinya bahwa apabila melakukan penambahan biaya Rp. 1 maka akan di peroleh penambahan pendapatan Rp. 3,6. BEP harga produksi sebesar Rp 2.735,3-/Kg artinya bila harga manggis tersebut impas apabila mencapai harga Rp 2.735,3-/Kg, maka usaha perkebunan manggis akan mendapatkan untung dan layak untuk diusahakan. Sedangkan BEP Volume Produksi sebesar 2.453 Kg, dengan lahan 1 Ha, maka usaha perkebunan manggis mencapai titik impas apabila volume produksi lebih dari 2.453 Kg untuk mendapatkan untung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS USAHATANI KAKAO RAKYAT PADA BERBAGAI POLA TANAM TUMPANG SARI DI KECAMATAN GEULUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (DAHLIA, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

ANALISIS RISIKO HARGA KARET (HEVEA BRASILIENSIS) DENGAN METODE ARCH-GARCH DAN VAR (VALUE AT RISK) TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI DI KABUPATEN ACEH BARAT (MAUWADDAH ISTIQAMAH, 2020)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN KOMODITI KAKAO DAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (RAIHAN AULIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy