//

PEMETAAN ZONASI KERENTANAN GERAKAN TANAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSMARDANI ARYA PUTRA - Personal Name
SubjectLANDSLIDES
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Gerakan tanah yang terjadi setelah gempa bumi tektonik di dataran tinggi Gayo tanggal 2 Juli 2013 menimbulkan korban jiwa dan menghancurkan infrastruktur bangunan. Salah satu daerah yang paling parah merasakan dampak tersebut adalah Kabupaten Aceh Tengah sehingga perlu dilakukan upaya-upaya mitigasi dan kebijakan mengenai bencana gerakan tanah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemetaan zonasi kerentanan gerakan tanah dengan metode statistik bivariat. Dalam metode ini dilakukan tumpang susun dan pembobotan antara penyebaran kejadian gerakan tanah dengan faktor-faktor penyebab gerakan tanah. Berdasarkan perhitungan nilai Area Under Curve (AUC), nilai 0,5 diambil sebagai nilai batas minimumnya. Faktor-faktor penyebab gerakan tanah yang dapat diperhitungkan sebagai faktor dominan adalah curah hujan (nilai AUC 0,941), jenis batuan (nilai AUC 0,884), kegempaan (nilai AUC 0,823), penggunaan lahan (nilai AUC 0,815), kemiringan lereng (nilai AUC 0,574) dan jarak patahan/sesar (nilai AUC 0,534). Berdasarkan nilai AUC tersebut, Peta Zonasi Kerentanan Gerakan Tanah dapat dibagi menjadi 4 zonasi dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tengah yaitu Zona kerentanan gerakan tanah sangat rendah (luas 1.402,18 km2 atau 31,48 % dari luas total daerah yang dipetakan), Zona kerentanan gerakan tanah rendah (luas 1.722,97 km2 atau 38,68 % dari luas total daerah yang dipetakan), Zona kerentanan gerakan tanah menengah (luas 995,73 km2 atau 22,36 % dari luas total daerah yang dipetakan), Zona kerentanan gerakan tanah tinggi (luas 333,16 km2 atau 7,48 % dari luas total daerah yang dipetakan).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN POTENSI DAN APLIKASI PENDUKUNG UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA ANCAMAN GERAKAN TANAH LONGSOR DI PROVINSI SUMATERA UTARA (siswanto, 2015)

KAJIAN KARAKTERISTIK BIOFISIK LAHAN UNTUK MITIGASI BENCANA HIDROLOGIS DI SUB DAS KRUENG JREUE ACEH BESAR (Helmi, 2020)

KAJIAN PEMETAAN KERENTANAN FISIK WILAYAH PESISIR PANTAI UTARA – TIMUR ACEH (AGUS SUMARDI, 2019)

PENZONASIAN DAERAH RENTAN BANJIR DI KABUPATEN ACEH SINGKIL BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED SUM OVERLAY (Oktri Sri Wahyuni, 2021)

ANALISIS TINGKAT KERENTANAN DAN KAPASITAS MASYARAKAT TERHADAP BENCANA BANJIR BANDANG KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH (Wahyuni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy