//

HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nihrasiyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING PADA MAHASISWA UNSYIAH YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI Nihrasiyah, Nucke Yulandari Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi seringkali megngalami kecemasan berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Berpikir Positif merupakan salah satu cara yang dapat mereduksi kecemasan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berkomunikasi terhadap dosen pembimbing pada mahasiswa Unsyiah yang sedang menyusun skripsi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang berjumlah 312 orang yang berusia 20-24 tahun. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Skala yang digunakan adalah skala berpikir positif yang disusun berdasarkan aspek-aspek berpikir positif yang dikemukakan oleh Albrecht (1980) dan skala kecemasan berkomunikasi yang disusun berdasarkan ciri-ciri yang dikemukakan oleh Burgoon & Ruffner (1978). Hasil analisis data dengan menggunakan product moment dari Pearson menunjukkan korelasi sebesar r = - 0.243 dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan berkomunikasi terhadap dosen pembimbing pada mahasiswa unsyiah yang sedang menyusun skripsi, dan berpikir positif dapat menjadi salah satu solusi untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh mahasiswa. Kata kunci: Berpikir Positif, Kecemasan Berkomunikasi, Mahasiswa Unsyiah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSIDI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ery Faisal Badar, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DALAM MEMPENGARUHI KECEMASAN BERKOMUNIKASI DI DEPAN PUBLIK (STUDI PADA MAHASISWA FISIP DAN FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Hidayatullah, 2017)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN BIMBINGAN DOSEN TERHADAP PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIFQA JUNITA JUSUF, 2014)

HAMBATAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PADA MAHASISWA KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Muazir, 2016)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MELAKUKAN BIMBINGAN SKRIPSI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Wahyu Faddillah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy