HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI


Pengarang

Nihrasiyah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0907101130020

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING PADA MAHASISWA UNSYIAH YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

Nihrasiyah, Nucke Yulandari Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran
Universitas Syiah Kuala

ABSTRAK

Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi seringkali megngalami kecemasan berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Berpikir Positif merupakan salah satu cara yang dapat mereduksi kecemasan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berkomunikasi terhadap dosen pembimbing pada mahasiswa Unsyiah yang sedang menyusun skripsi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang berjumlah 312 orang yang berusia 20-24 tahun. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Skala yang digunakan adalah skala berpikir positif yang disusun berdasarkan aspek-aspek berpikir positif yang dikemukakan oleh Albrecht (1980) dan skala kecemasan berkomunikasi yang disusun berdasarkan ciri-ciri yang dikemukakan oleh Burgoon & Ruffner (1978). Hasil analisis data dengan menggunakan product moment dari Pearson menunjukkan korelasi sebesar r = -
0.243 dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan berkomunikasi terhadap dosen pembimbing pada mahasiswa unsyiah yang sedang menyusun skripsi, dan berpikir positif dapat menjadi salah satu solusi untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh mahasiswa.

Kata kunci: Berpikir Positif, Kecemasan Berkomunikasi, Mahasiswa Unsyiah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK