//

EFEK PERENDAMAN DAGING DADA AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) DALAM LARUTAN DAUN SIRIH (PIPER BETLE L) TERHADAP WAKTU PEMBUSUKAN AWAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Putri Muharramah - Personal Name

Abstrak/Catatan

EFEK PERENDAMAN DAGING DADA AYAM KAMPUNG (Gallus domesticus) DALAM LARUTAN DAUN SIRIH (Piper betle L) TERHADAP WAKTU PEMBUSUKAN AWAL ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui waktu pembusukan daging dada ayam kampung setelah direndam dalam larutan daun sirih (Piper betle L). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah daging dada ayam dengan berat rata-rata ayam adalah 1.53±0.1 kg. Ayam kampung diperoleh dari peternakan ayam di Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar. Sebanyak 8 daging dada dibagi menjadi dua bagian dan masing-masing bagian dibagi menjadi 10 bagian, sehingga didapatkan 160 bagian daging dada. Sebanyak 80 bagian direndam dalam larutan daun sirih dan 80 bagian tidak direndam. Jumlah larutan yang digunakan untuk perendaman adalah 1:3. Uji Postma dilakukan dengan interval waktu 3 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama waktu 9 jam daging dada yang direndam dalam larutan daun sirih mengalami pembusukan dalam waktu 3 jam lebih lama dibandingkan daging dada yang tidak direndam dalam larutan daun sirih. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembusukan awal daging dada ayam kampung yang direndam dengan daun sirih lebih lama 3 jam dibandingkan dengan daging ayam kampung yang tidak direndam dengan daun sirih.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KUALITAS DENDENG DAGING AYAM YANG DIRENDAM DENGAN JUS DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) (Fatmawati, 2019)

PERENDAMAN DAGING AYAM BROILER DENGAN INFUSA DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) TERHADAP AWAL PEMBUSUKAN (Tri Marsidah, 2017)

IDENTIFIKASI CANDIDA SP PADA TEMBOLOK AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) DAN ITIK (ANAS PLATYRHYNCHOS DOMESTICUS) (NUR RAHMI, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN JUS DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) TERHADAP UJI ORGANOLEPTIK DAN MIKROBIOLOGI DENDENG DAGING AYAM (Salma Warni, 2019)

PERENDAMAN DAGING AYAM BROILER DENGAN CUKA AREN (ARENGA PINNATA MERR.) TERHADAP AWAL PEMBUSUKAN (THE SOAKING OF THE BROILER CHICKEN MEAT WITH NYPA SAP VINEGAR (ARENGA PINNATA MERR.) AT THE BEGINNING OF DETERIORATION) (ARINDYA ANDRIAN, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy