//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRNALITA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEACHER
STUDENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : pembelajaran, CTL, audiovisual, hasil belajar, geografi Model pembelajaran CTL adalah konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Keterampilan guru; (3) Aktivitas guru dan siswa; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran CTL berbantuan audiovisual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye yang terdiri atas 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran CTL yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Persentase ketuntasan individual pada siklus I yaitu 76 persen dan pada siklus II 96 persen. Secara klasikal persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 70 persen, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100 persen; (2) Aktivitas guru dan siswa dikatakan meningkat dari siklus I ke siklus II; (3) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 2,63 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II dikategorikan baik dengan skor 3,2; dan (4) Respon siswa positif terhadap penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media audiovisual. Hal ini terlihat dari respon siswa terhadap cara guru menerangkan materi pelajaran 96 persen mengatakan masih baru; 92 persen siswa mengatakan dapat memahami materi pelajaran yang baru diikuti; Berkaitan dengan minat untuk mengikuti pelajaran berikutnya, 96 persen siswa mengatakan berminat; 96 persen siswa mengatakan penerapan model CTL berbantuan audiovisual dapat memperjelas pemahaman terhadap materi pelajaran. Berkaitan dengan komponen-komponen pembelajaran, 92 persen siswa mengatakan materi yang dipelajari menarik; 96 persen soal yang digunakan baik; 100 persen siswa mengatakan suasana kelas menyenangkan; dan 100 persen siswa mengatakan penampilan guru menarik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Silvya Anggrainy, 2020)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy