//

DESKRIPSI SPESIES IKAN DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG KONSERVASI IKAN DI KAWASAN SUNGAI GEUMPANG KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jumaya Trisna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Ikan Air Tawar, Konservasi Ikan, Tingkat Pengetahuan Penelitian tentang ”Deskripsi Spesies Ikan dan Pengetahuan Masyarakat Tentang Konservasi Ikan di Kawasan Sungai Geumpang Kabupaten Pidie” telah dilakukan pada tanggal 10 Juni sampai dengan 16 Juni 2013. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan spesies ikan yang terdapat di kawasan Sungai Geumpang Kabupaten Pidie dan mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang konservasi ikan di Sungai Geumpang Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode survei. Spesies ikan ditangkap dengan menggunakan alat tangkap seperti jaring, jala, pancing dan bubu. Data tingkat pengetahuan masyarakat tentang konservasi ikan diperoleh dengan cara membagikan angket kepada masyarakat di sekitar kawasan Sungai dan spesies ikan di tangkap langsung dari Sungai Geumpang Kabupaten Pidie. Data yang diperoleh dianalisis dengan rumus persentase. Hasil analisis data menunjukkan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap konservasi ikan 30% tergolong baik, 38% tergolong cukup dan 32% tergolong kurang. Spesies ikan yang ditemukan dimasukkan dalam ordo Perciformes 3 spesies, ordo Cypriniformess 8 spesies, ordo Siluriformes 1 spesies dan ordo Anguiliformes 1 spesies. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang konservasi ikan adalah cukup. Spesies ikan yang ditemukan di kawasan Sungai Geumpang Kabupaten Pidie 13 spesies, terdiri dari 4 ordo dan 6 famili.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI SPESIES IKAN AIR TAWAR DI SUNGAI GAMPONG ALUE JABARNDAN SUNGAI PRIA LAOT KECAMATAN SUKAKARYARNKOTA SABANG (Sita Marsita, 2014)

ANALISIS KANDUNGAN MERKURI PADA IKAN BARBODES SCHIIWANENFELDI DAN OSTEOCHILLUS HASSELTI PADA ALIRAN SUNGAI GEUMPANG DI KAWASAN KECAMATAN GEUMPANG DAN KECAMATAN MANE KABUPATEN PIDIE (Hendriansyah, 2018)

STATUS KONSERVASI, PERILAKU MENGKONSUMSI DANSTATUS KONSERVASI, PERILAKU MENGKONSUMSI DAN PENGETAHUAN NELAYAN TERHADAP PENANGKAPAN IKAN HIU DI WILAYAH PESISIR PROVINSI ACEH PENGETAHUAN NELAYAN TERHADAP PENANGKAPAN IKAN HIU DI WILAYAH PESISIR PROVINSI ACEH (HAZIA AWANIS, 2019)

BIODIVERSITAS, STATUS KONSERVASI DAN STATUS EKONOMI IKAN AIR TAWAR DI ALIRAN SUNGAI MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Irhami S, 2019)

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS IKAN DI PERAIRAN SUNGAI KLUET KABUPATEN ACEH SELATAN (Mardianti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy