//

ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VARIABILITAS PERSEDIAAN, RASIO PERPUTARAN PERSEDIAAN, VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN DAN MARGIN LABA KOTOR TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Frieska Dwi Adhiatma - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, variabilitas persediaan, rasio perputaran persediaan, variabilitas harga pokok penjualan dan margin laba kotor secara simultan maupun parsial, terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2010 s.d 2014. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 perusahaan manufaktur, 10 perusahaan menerapkan metode FIFO dan 54 perusahaan menggunakan metode rata-rata tertimbang. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan data historis perusahaan manufaktur. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi logistik metode enter dengan signifikansi 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ukuran perusahaan dan margin laba kotor berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sedangkan variabilitas persediaan, rasio perputaran persediaan dan variabilitas harga pokok penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Kata Kunci: Metode Persediaan, Ukuran Perusahaan, Variabilitas Persediaan, Rasio Perputaran Persediaan, Variabilitas Harga Pokok Penjualan, Margin Laba Kotor

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA PERUSAHAAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Ichsan Abdi, 2016)

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS DATA PADA SISTEM PERSEDIAAN DAN PENJUALAN (STUDI KASUS PADA CV PRIMA MOTOR, BANDA ACEH) (Sheila Fathia Risky, 2016)

THE IMPACT OF RECEIVABLE TURNOVER, CASH TURNOVER, AND INVENTORY TURNOVER ON PROFITABILITY (EMPIRICAL STUDY ON TRADING COMPANIES LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE YEAR 2011-2013) (Ridzky Maulana, 2016)

AKUNTANSI PERSEDIAAN SIMCARD PADA PT. TELKOMSEL GRAPARI BANDA ACEH (YULIA RAHMI, 2017)

ANALISIS PERHITUNGAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MEMPERLANCAR PROSES PRODUKSI PADA PANTE PIRAK BAKERY & CAKE BANDA ACEH (Yuliandra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy