//

ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN PENGGUNA POTENSIAL LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP MANFAAT PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL DI INDONESIA(SEBUAH STUDI EKSPLORATIF)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mugtafillah Rm - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman pengguna potensial Laporan Keuangan Pemerintah Daerah terhadap manfaat dari penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual di Indonesia. Penelitian ini bersifat meneliti jawaban dari setiap responden terhadap pernyataan yang diajukan mengenai manfaat dari penerapan SAP berbasis akrual di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi eksploratif, dimana data yang dimiliki untuk penelitian sangat minim bahkan belum ada yang pernah melakukan penelitian ini sebelumnya. Penelitian ini menggunakan 60 populasi yang kemudian diklasifikasikan menjadi dua kelompok yakni 30 orang responden berlatar belakang jurusan akuntansi yang diambil secara acak dan 30 orang responden berlatar belakang bukan dari jurusan akuntansi yang kemudian diambil secara acak juga. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa tingkat pemahaman responden dari setiap kelompok terhadap manfaat dari penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual di Indonesia cukup tinggi. Oleh karena itu penting bagi pemerintah menempatkan aparatur didalam pemerintahan sesuai dengan latar belakang yang dimiliki. Jika pada kasus pada kasus ini pemerintah diharapkan menempatkan aparatur pengelolaan keuangan daerah yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi khusunya akuntansi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, PENGENDALIAN INTERNAL DAN EFEKTIVITAS PENERAPAN SAP BERBASIS AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH) (Rizki Mardiana, 2017)

PENGARUH PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI PEMODERASI PADA BADAN PERADILAN SE-ACEH (Muthmainnah, 2017)

PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL, PENGAWASAN ATAS KUALITAS LAPORAN KEUANGAN, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS INSTANSI PEMERINTAH DAN DAMPAKNYA PADA PENCEGAHAN FRAUD (STUDI PADA SKPA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH ACEH) (ELYA DHAMA YANTHI, 2017)

PROBLEMATIKA PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMDA ACEH TENGAH) ( Yanni Syarienda, 2017)

PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PROSES REVIU LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH OLEH INSPEKTORAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA INSPEKTORAT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Iqlima A. Manaf, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy