//

MANAJEMEN MENU SEIMBANG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS MONTASIK TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nidya Ulfa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional (2007), menunjukkan bahwa 27,6% ibu hamil yang menderita kurang energi kronis mempunyai kecenderungan melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Di Aceh pada tahun 2012 terdapat jumlah lahir hidup 44.894 orang dan ditemukan BBLR sebanyak 1.116 (1.4%). Penyebab tidak langsung kematian Ibu hamil adalah Kurang Energi Kronis pada kehamilan (40%) dan anemia pada kehamilan (37%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen menu seimbang pada ibu hamil trimester III dengan kenaikan berat badan, ukuran LILA dan TFU di Wilayah Kerja Puskesmas Montasik tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 88 ibu hamil dan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Pengumpulan data dilakukan tanggal 23 Juli – 06 Agustus 2015, alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan pengukuran langsung (BB, LILA, dan TFU). Pengolahan data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa manajemen menu seimbang pada kategori kenaikan BB baik terdapat pada 25 responden (83,3%), ukuran LILA pada kategori baik terdapat pada 26 responden (86,7%), dan TFU sesuai terdapat pada 24 responden (80%). Kesimpulan: ada hubungan manajemen menu seimbang dengan kenaikan berat badan pada ibu hamil trimester III (p-value=0,028), ada hubungan manajemen menu seimbang dengan ukuran LILA pada ibu hamil trimester III (p-value=0,008), ada hubungan manajemen menu seimbang dengan tinggi fundus uteri pada ibu hamil trimester III (p-value=0,016). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan informasi serta acuan bagi petugas di puskesmas agar dapat meningkatkan mutu pelayanan terhadap ibu hamil terutama dalam hal manajemen menu seimbang dengan pengukuran BB, LILA, dan TFU saat ANC. Kata Kunci : Menu seimbang, Ibu Hamil Trimester III, Berat Badan, LILA, TFU. Daftar bacaan : 32 Buku, 1 Jurnal, 5 Skripsi, 24 Sumber internet, (2001-2014).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PERUBAHAN FISIK DENGAN PENURUNAN KEGIATAN SEKSUAL IBU HAMIL DI PUSKESMAS PEMBANTU KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA MADYA BANDA ACEH (Fakhrul Riza, 2014)

HUBUNGAN DEMOGRAFI, TINGKAT KECUKUPAN PROTEIN HEWANI DAN SUPLEMEN TABLET BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Afwandi, 2021)

GAMBARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rezki Febriyana, 2014)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUANRNDAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG ASI EKSKLUSIFRNDI WILAYAH KERJA PUSKESMASRNKRUENG BARONA JAYARNACEH BESAR TAHUN 2014 (Nina Marlina, 2014)

INSIDENSI INFEKSI SALURAN KEMIH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI POLI KEBIDANAN DAN KANDUNGAN RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ade Irmaiyanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy