//

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN SUBSIDI ENERGI TERHADAP EMISI CO2 DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALFI FAJRIANSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Subsidi Energi Terhadap Emisi CO2 di Indonesia Nama : Alfi Fajriansyah NIM : 1001101010048 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Ikhsan, S.E, M.A Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari pertumbuhan ekonomi (PDB) dan subsidi energi terhadap emisi CO2 di Indonesia. Data Penelitian ini menggunakan data Time Series tahunan dari 1995 hingga 2012. Metode analisis yang digunakan adalah Autoregressive Distributed Lag (ARDL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka panjang, PDB mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap emisi CO2 pada tingkat keyakinan 99 persen, dan subsidi energi berpengaruh secara signifikan terhadap emisi CO2 pada tingkat keyakinan 95 persen. Sedangkan dalam jangka pendek, hanya PDB yang memiliki pengaruh yang signifikan pada tingkat keyakinan 95 persen, sedangkan subsidi energi tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, kecepatan penyesuaian keseimbangan dari jangka pendek menuju jangka panjang hanya terjadi pada subsidi energi. Dengan mempertimbangkan signifikannya pengaruh PDB dan subsidi energi terhadap emisi CO2, maka pemerintah sebaiknya mengurangi pemberian subsidi untuk sektor industri, mencari sumber energi alternatif yang ramah lingkungan untuk bahan bakar kendaraan dan melakukan reboisasi dan pemulihan kembali lahan hutan yang sudah rusak untuk pengurangan kadar emisi CO2 di udara. Kata Kunci : PDB, Subsidi Energi, Emisi CO2, ARDL.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSUMSI ENERGI, PERTUMBUHAN EKONOMI, SUBSIDI ENERGI, PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP EMISI CO2: GENERALIZED METHOD OF MOMENT (GMM) (AL YUDA SUCI PRATAMA, 2020)

KONSUMSI ENERGI LISTRIK, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENDUDUK TERHADAP EMISI GAS RUMAH KACA PEMBANGKIT LISTRIK DI INDONESIA (Teuku Bahran Basyiran, 2014)

HUBUNGAN KAUSALITAS ANTARA KONSUMSI ENERGI DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Zahmir Al Qadri, 2014)

PENGARUH SUBSIDI ENERGI TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA (Muhammad Wahyu Khairi, 2018)

DAMPAK KONSUMSI ENERGI TERHADAP LINGKUNGANRNDI INDONESIA (SARI ALASNI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy