//

PERBANDINGAN PELARUT EKSTRAKSI SAMPEL FESES UNTUK PENGUKURAN METABOLIT PROGESTERON PADA ORANGUTAN SUMATERA(PONGO ABELII)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Fakhrurrozi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas pelarut metanol pro analysis (p.a.), etanol p.a., dan alkohol (isopropanol) sebagai pelarut ekstraksi sekaligus bahan pengawet sampel feses untuk mengukur metabolit progesteron orangutan sumatera (Pongo abelii). Sampel feses dikoleksi sebanyak 10 kali dalam waktu satu bulan dari satu ekor orangutan sumatera betina dewasa di Taman Marga Satwa Kinantan Bukittinggi. Pada penelitian ini dilakukan preservasi sampel feses di dalam pelarut ekstraksi dengan konsentrasi berbeda, yaitu: alkohol 70%, 80%, 90%; etanol 70%, 80%, 90%; dan metanol 80%. Efektivitas masing-masing pelarut tersebut dibuktikan dengan mengukur konsentrasi metabolit progesteron dengan metode enzyme linked immunosorbent assay (ELISA). Hasil penelitian adalah konsentrasi seluruh pelarut ekstraksi secara statistik tidak berbeda nyata terhadap nilai konsentrasi metabolit progesteron yang diukur (P>0,05). Khusus untuk alkohol (isopropanol), pelarut tersebut dapat digunakan sebagai pelarut ekstraksi sampel feses alternatif yang efektif digunakan di lapangan. Kesimpulan, semua pelarut ekstraksi yang diuji dapat digunakan dalam pengkuran konsentrasi metabolit hormon progesteron dalam feses orangutan sumatera.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUKURAN HORMON PROGESTERON SECARA NON INVASIF PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) BETINA DI PENANGKARAN (RENCY AMRILANI, 2018)

TEKNIK PRESERVASI SAMPEL FESES UNTUK PENGUKURAN KONSENTRASI METABOLIT PROGESTERON PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) (Diah Hestiasy Tanisyah, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PATOGEN PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG KINANTAN BUKITTINGGI (ORYONA ROMADHON, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU (LISA SYA BANIAR, 2017)

IDENTIFIKASI DAN UJI KEPEKAAN ENTEROBACTERIACEAE DARI FESES SEGAR ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) TERHADAP ANTIBIOTIK DI KARANTINA ORANGUTAN BATU MBELIN (Joharsyah Hutabarat, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy