//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAHARA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: penerapan, jigsaw, crossword puzzle, hasil belajar, IPS Terpadu Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok ahli. Crossword puzzle merupakan suatu permainan dimana siswa harus mengisi ruang-ruang kosong dengan huruf-huruf yang berbentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk atau pertanyaan yang diberikan (mendatar dan menurun) tergantung arah kata-kata yang harus diisi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dapat terlaksana dengan baik, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN Tungkob Aceh Besar yang terdiri dari 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pre-test dan post-test untuk hasil belajar siswa, menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat, pada siklus I terdapat 27 siswa yang tuntas secara individual dan 8 siswa yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 32 siswa yang tuntas secara individual dan 3 siswa yang tidak tuntas dari 35 siswa. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus ke II. Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal. Keterampilan guru meningkat 0,8 dari baik (2,67) menjadi baik (3,47) dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai crossword puzzle adalah 85,7% dari 35 siswa menjawab dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang disertai crossword puzzle.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL WORD SQUARE DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (RAMIDA ANUM, 2015)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI MTSN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Yassir, 2014)

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Yusnimar, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy