PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN


Pengarang

Zainab Maryati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101130042

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Perilaku konsumtif merupakan perilaku mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan dan tidak rasional yang didasari oleh keinginan bukan kebutuhan. Perilaku konsumtif rentan terjadi pada mahasiswa dikarenakan merupakan target pasar yang sangat potensial bagi produsen. Perilaku konsumtif dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Subjek penelitian adalah 353 mahasiswa yang terdiri dari 173 mahasiswa perempuan dan 180 mahasiswa laki-laki, yang dipilih berdasarkan teknik quota sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala perilaku konsumtif yang disusun berdasarkan indikator perilaku konsumtif Sumartono (2002). Data dianalisa menggunakan independent sampel t-test, dengan hasil nilai t = -0,103 (p>0,05). Hal ini bermakna tidak adanya perbedaan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki Unsyiah memiliki kecenderungan yang sama dalam berperilaku konsumtif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK