BENTUK PENYAJIAN RAPA-I PULOET GEURIMPHENG DI DESA DAYAH BAROE KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

BENTUK PENYAJIAN RAPA-I PULOET GEURIMPHENG DI DESA DAYAH BAROE KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

Syarifah Nadia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102030061

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata kunci: Bentuk Penyajian, Rapa-i, Puloet Geurimpheng


Penelitian ini berjudul “Bentuk penyajian Rapa-i Puloet Geurimpheng di desa Dayah Baroe Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen”. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk penyajian Rapa-i Puloet Geurimpheng yang meliputi bentuk gerak, iringan, syair, pola lantai, tata busana, dan pentas Rapa-i Puloet Geurimpheng di desa Dayah Baroe Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk penyajian Rapa-i Puloet Geurimpheng di desa Dayah Baroe Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen. Sumber data dalam penelitian ini adalah Tgk.Hasbullah yaitu salah satu pencipta Rapa-i Puloet Geurimpheng, pelatih, penari, serta pemusik Rapa-i Puloet Geurimpheng yang ada di desa Dayah Baroe Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta menggunakan analisis data melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil menunjukkan bahwa bentuk penyajian kesenian ini adalah koreografi kelompok yang mempunyai 6 babak yaitu, saleum aneuk syahi, saleum rakan, cakrum, tingkah, kisah, gambus/lanie. Gerakannya merupakan gerak menetap ditempat. Musik iringan yang dipakai adalah musik internal yang berasal dari suara syahi dan penari serta musik eksternal yang berasal dari suara tabuhan rapa-i dari penari dan pengiring. Syair yang digunakan berisi tentang nasehat-nasehat, mengisahkan tentang kisah sejarah masa lalu serta syair yang berupa teka teki. Pola lantai yang digunakan berbentuk lurus dengan busana yang digunakan adalah baju adat Aceh serta panggung yang digunakan berbentuk pentas arena.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK