//

GAMBARAN PELAKSANAAN TERAPI AKTIFITAS KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PASIEN HALUSINASI DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIDAR DESILIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Halusinasi merupakan gejala gangguan jiwa yang ditandai dengan perubahan sensori persepsi yaitu merasakan sensasi palsu berupa suara, penglihatan, perabaan pengecapan dan penghiduan. Semakin berat halusinasinya, pasien semakin berat mengalami ansietas dan semakin dikendalikan halusinasinya. Salah satu tindakan keperawatan pada pasien dengan muncul keperawatan halusinasi yaitu Terapi Aktifitas Kelompok (TAK) stimulasi persepsi, berguna meningkatkan kemampuan pasien dalam mengontrol halusinasi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan TAK terhadap kemampuan kognitif pada pasien dalam mengontrol halusinasi di Rumah Sakit Jiwa Aceh Tahun 2015. Penelitian dilakukan pada tanggal 4 s/d 11 Agustus 2015. Jumlah populasi adalah 52 orang pasien halusinasi yang dirawat di 3 ruang rawat inap Rumah Sakit Jiwa Aceh. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dimana pengambilan secara acak. Tehnik pengumpulan data diolah secara sistem komputer dengan kategori jenjang ordinal yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Pengukuran variabel dengan kuesioner yang berisi pertanyaan tentang kemampuan pasien dalam mengontrol halusinasi sebelum dan sesudah pelaksanaan TAK yang terdiri 14 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengontrol halusinasi sebelum TAK pada kategori baik yaitu 63,46 %, dan kemampuan mengontrol halusinasi sesudah TAK pada kategori baik yaitu 78,85 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan TAK terhadap kemampuan pasien dalam mengontrol halusinasi dalam kategori baik. Penulis menyarankan perawat untuk melaksanakan TAK pada semua pasien gangguan jiwa terutama pada pasien dengan halusinasi, sehingga proses penyembuhan cepat dan pasien dapat mengontrol dirinya ketika halusinasi datang dan tidak menyebabkan kerusakan bagi lingkungannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH TEMA : NATURALLY HEALTY (Fahzul Kabir, 2017)

ANALISIS KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM PEMULIHAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Cut Putri Meliza, 2017)

PENGARUH TERAPI AL-QUR’AN TERHADAP FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RUANG RAWAT INAP SARAF RSUDZA BANDA ACEH (Rahmat Hidayat Asmi, 2018)

KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP PASIEN DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (GEBBY DESZA ANANDA, 2018)

GAMBARAN PENERAPAN STRATEGI PELAKSANAAN HALUSINASI RNDI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD)RNRUMAH SAKIT JIWA (RSJ) ACEH RNTAHUN 2014 (Cut Farah Tiba, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy