IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DENGAN MENGGUNAKAN JERMAL DI TEMPAT PENDARATAN IKAN PANTERAJA KABUPATEN PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DENGAN MENGGUNAKAN JERMAL DI TEMPAT PENDARATAN IKAN PANTERAJA KABUPATEN PIDIE JAYA


Pengarang

ASMAUL HUSNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103010071

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

597

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian tentang ikan hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan jermal di Tempat Pendaratan Ikan Panteraja Kabupatan Pidie Jaya telah dilaksanakan sejak Februari hingga Agustus 2015 di TPI Panteraja Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman ikan dan tingkat kesamaan spesies ikan hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan jermal di TPI Panteraja Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey langsung, data dianalisis dengan menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shanon dan indeks kesamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks keanekaragaman pada setiap penangkapan berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh suhu, waktu dan cuaca yaitu air keruh, angin kencang, dan gelombang tinggi. Penangkapan pertama dan kedua dilakukan pada pukul 09.00-11.00 WIBB dengan suhu 29 C, pada penangkapan ke 1 indeks keanekaragamannya adalah 1,56, penangkapan ke 2 adalah 1,14. Penangkapan ke 3 dan ke 4 dilakukan pada pukul 07.00-09.00 WIBB dengan suhu 26 C, pada penangkapan ke 3 indeks keanekaragamannya adalah 1,41, dan penangkapan ke 4 adalah 1,61. Tingkat kesamaan spesies ikan hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan Jermal di TPI Panteraja kabupaten Pidie Jaya antar penangkapan berkisar antara 36,3 % sampai dengan 72,7%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat keanekaragaman ikan hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan jermal di TPI Panteraja Kabupaten Pidie Jaya adalah sedang yang dipengaruhi oleh suhu, waktu dan cuaca dan tingkat kesamaan spesies ikan hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan jermal di TPI Panteraja Kabupaten Pidie Jaya adalah rendah, karena penyebaran ikan tidak merata.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK