//

ANALISIS PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andria Afrida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian dana PUAP terhadap produksi dan pendapatan petani padi sawah dan menganalisis tingkat efisiensi usahatani padi sawah di Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan 89 petani sampel di lokasi penelitian. Data diuji dan dianalisis dengan menggunakan fungsi produksi stochastic frontier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian dana PUAP berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah di Kota Lhokseumawe. Berdasarkan hasil uji t produksi padi sawah secara nyata dipengaruhi oleh luas lahan, tenaga kerja dan jumlah pupuk dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 95,99%. Petani padi sawah penerima dana PUAP di daerah penelitian telah efisien secara teknis, namun belum efisien secara alokatif dan ekonomis. Efisiensi teknis petani di daerah penelitian sebesar 0,799 di atas 0,7 mengindikasikan bahwa petani cukup efisien secara teknis. Efisiensi alokatif petani sebesar 0,691 di bawah 0,7 mengindikasikan bahwa petani belum efisien secara alokatif, sedangkan efisiensi ekonomis petani sebesar 0,545 di bawah 0,7 mengindikasikan bahwa petani belum efisien secara ekonomis. Penggunaan input yang berlebihan menyebabkan tingkat efisiensi alokatif dan ekonomis rendah. Oleh karena itu diperlukan pembinaan dan pendampingan secara intensif oleh penyuluh pertanian sehingga petani dapat memperoleh informasi mengenai teknis budidaya yang tepat, penggunaan input yang optimal, penyediaan input secara kolektif dan pemasaran hasil. Kata Kunci: PUAP, Produksi, Stochastic Frontier, Efisiensi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KOTA LHOKSEUMAWE (Andria Afrida, 2015)

EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT-PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (BLM-PUAP)DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN ANGGOTA GAPOKTAN USAHATANI PADI DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (Syahzibal, 2014)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy