//

STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SORAYA NABILA - Personal Name
SubjectPLANKTON
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji struktur komunitas plankton di padang lamun Pulo Aceh, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2014 – Januari 2015. Penentuan lokasi pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan metode survey explorative. Pengambilan sampel dilakukan pada 3 stasiun yaitu di Gampong Lamteng (stasiun I), Gampong Ulee Paya (stasiun II) dan Gampong Gugop (stasiun III). Dari hasil penelitian ditemukan 10 kelas plankton yang terbagi atas 2 kelas dari zooplankton dan 8 kelas dari fitoplankton. Kelimpahan individu tertinggi terdapat di Lamteng dengan nilai rata-rata 21621,62 ind/L (Oktober) dan 274285,71 ind/L (Januari). Tingginya kelimpahan plankton di Lamteng diikuti dengan kepadatan lamun yang tinggi. Genus Pseudo-nitzschia sp merupakan genus tertinggi diseluruh stasiun pengamatan. Indeks similaritas plankton antar stasiun diatas 50 % dan tergolong dalam kategori tinggi. Indeks keanekaragaman berkisar antara 2,87-3,31, indeks keseragaman berkisar 0,90-0,95, dan indeks dominasi 0,04-0,07. Secara keseluruhan indeks keragaman, keseragaman dan dominansi menunjukkan nilai positif (baik) yang menandakan ketiga stasiun masih dalam kategori stabil (moderat). Kata kunci : Pulo aceh, fitoplankton, zooplankton, struktur komunitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON PADA EKOSISTEM PADANG LAMUN DI PULAU MATAHARI KECAMATAN PULAU BANYAK ACEH SINGKIL (Khalidin, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN DI KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (MURSALIN, 2015)

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (muhammad aidil, 2016)

KEANEKARAGAMAN DAN DOMINANSI PLANKTON DI ESTUARI KUALA RIGAIH KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (rahmatullah, 2016)

KEANEKARAGAMAN PLANKTON DI ESTUARI SUNGAI GAPUI KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Iqzan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy