//

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH KAKAP PUTIH (LATES CALCALIFER)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULFIADI SYAHPUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui laju pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih kakap putih (lates calcalifer) yang diberikan jenis pakan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee, Aceh Besar dari bulan April – juni 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap non faktorial yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan pakan yang diberikan yaitu kuniran (Upeneus sp.), udang jambret (Mesopodopsis sp.), cacing laut (Nereis sp.) dan kelomang (Coenobita sp.). Ikan yang digunakan berukuran panjang 3-5 cm dan berat 1-3 gram. Wadah yang digunakan berupa waring yang berukuran 50x40x70 cm dan diletakkan dalam bak yang berukuran 2.77x2.77x1 meter. Parameter yang di ukur yaitu kelangsungan hidup, pertumbuhan spesifik, berat mutlak, panjang mutlak, konversi pakan, efisiensi pakan, analisis proksimat pakan dan kualitas air. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya penga ruh nyata pertumbuhan spesifik dan panjang mutlak, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kelanhsungan hidup, berat mutlak, konversi pakan dan efisiensi pakan. Pertumbuhan ikan terbaik terdapat pada perlakuan dengan pemberian pakan kuniran yang memiliki protein 60,05 % dan lemak 3,66 %. Kata kunci: Benih kakap putih (Lates calcalifer), Laju pertumbuhan, Kelangsungan hidup

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH KAKAP PUTIH (LATES CALCALIFER) (ZULFIADI SYAHPUTRA, 2015)

SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEMANFAATAN PAKAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (MAIDA YANTI, 2019)

PENGARUH EKSTRAK BIJI KECUBUNG (DATURA METEL L.) TERHADAP TINGKAT KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCALIFER) SISTEM TRANSPORTASI MEDIA KERING (HENDRAWAN, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIL DAN MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (Rizki Ananda, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI ARTEMIA SALINA DAN DAPHNIA MAGNA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCALIFER) (Riski Sepriandi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy