//

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS PADA EKOSISTEM MANGROVE REHABILITASI KECAMATAN SIMEULUE TIMUR DAN NON REHABILITASI KECAMATAN TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lelis Malita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur komunitas makrozoobenthos dan kondisi substrat pada ekosistem mangrove rehabilitasi dan non rehabilitasi di Kabupaten Simeulue. Pengukuran ekosistem mangrove menggunakan transek kuadrat 10 m x 10 m. Kelimpahan dan kepadatan Makrozoobenthos menggunakan transek kuadrat berukuran 1 m x 1 m. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 18 spesies makrozoobentos yang terdiri dari 9 spesies dari kelas Gastropoda dan 9 spesies dari kelas Bivalvia. Pada lokasi Rehabilitasi komposisi Makrozoobentos di dominasi oleh Bivalvia yaitu 60 % sedangkan Gastropoda 40 %. Berbeda halnya pada lokasi Non Rehabilitasi makrozoobentos didominasi oleh kelas Gastropoda yaitu 69,2 % sedangkan Bivalvia 30,8 %. Kelimpahan makrozoobentos pada lokasi rehabilitasi lebih tinggi dibandingkan dengan lokasi Non rehabilitasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelimpahan tertinggi terdapat pada stasiun 1 (rehabilitasi) yaitu 24,7 ind/m2. Struktur komunitas Makrozoobentos di lokasi mangrove rehabilitasi dan Non rehabilitasi tidak berbeda nyata. Indek keanekaragaman rata-rata disetiap stasiun berkisar 1,094-2,273 ; indeks keseragaman berkisar 0,641-0,970 ; indeks dominansi berkisar 0,201-0,586. Hasil menunjukan setiap stasiun masih dalam katagori moderat (stabil). Kata kunci : Simeulue, Mangrove Rehabilitasi, Mangrove Non rehabilitasi, Makrozoobentos.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE REHABILITASI KECAMATAN SIMEULUE TIMUR DAN NON REHABILITASI KECAMATAN TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMEULUE (Hermi Suryani, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT TEUPAH BARAT TERHADAP TOKOH CERITA SI BAKUDO BATU DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIEMEULUE (Rinda, 2016)

KEANEKARAGAMAN, KESERAGAMAN, DISTRIBUSI DAN DOMINANSI INFAUNA BENTIK DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG KUALA BUBON KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (Riza Amru, 2016)

PREVALENSI DAN KELIMPAHAN PENYAKIT KARANG DI PERAIRAN KECAMATAN SIMEULUE TIMUR DAN KECAMATAN TEUPAH SELATAN (MAYA ATIKA SURI, 2019)

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM SURAT KELUAR PADA KANTOR CAMAT KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Yunita, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy