PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

Widya Mardiah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103030079

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : model pembelajaran Problem Solving, hasil belajar
Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh ini mengangkat masalah bagaimanakah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Solving dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswi kelas X IA-2 SMAN 5 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik (3) persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dan persentase ketuntasanan klasikal secara keseluruhan juga meningkat. (4) respon siswa cenderung positif (senang) terhadap penerapan model Problem Solving. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Gerak Lurus. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui penelitian ini.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK