//

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DAN KOORDINASI KADER DENGAN PELAKSANAAN POSBINDU LANSIA DI WILAYAH KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIDA - Personal Name
SubjectNURSE AND PATIENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DAN KOORDINASI KADER DENGAN PELAKSANAAN POSBINDU LANSIA DI WILAYAH KABUPATEN ACEH TIMUR Oleh: Maulida NIM: 1209200180020 KomisiPembimbing: Dr. Hermansyah, MPH Dr. Mudatsir, M.Kes ABSTRAK Program Posbindu Lansia di Kabupaten Aceh Timur saat ini tidak berjalan seperti yang diharapkan.Kemungkinan hal ini disebabkan masih terdapat beberapa posbindu lansia yang tidak dilaksanakan setiap bulannya, dankurangnya partisipasi kader dalam bentuk komunikasi dan koordinasi terhadap pelaksanaan posbindu lansia. Jumlah kunjungan lansia pada posbindu tahun 2013 hanya 20.12%. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi dan koordinasi kader dengan pelaksanaan posbindu lansia. Penelitian inibersifatkorelasidenganpendekatancross sectional studyterhadap67orang kaderyang diperoleh dengan teknik propotional sampling dan dianalisis dengan ujiChi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi (p=0.000; OR=21.25; 95%CI) dan koordinasi (p=0.000; OR=15.46; 95%CI) kader berhubungan dengan pelaksanaan posbindu lansia, kader yang melakukan komunikasi ternyata 21 kali lebih baik dalam melaksanakan posbindu lansia dan kader yang melakukan koordinasi 15 kali lebih baik dalam melaksanakan posbindu lansia. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan posbindu lansia akan berjalan sebagaimana yang diharapkan jika terbinanya komunikasi yang efektif dan koordinasi yang baik dengan pihak terkait. Kata Kunci:Komunikasi, Koordinasi,Posbindu

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN POSBINDU LANSIA DI DESA IE MASEN KAYEE ADANG KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH 2013 (Cut Fitri Hayati, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, DANA INSENTIF, KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM PELAKSANAAN POSYANDU DIWILAYAH PUSKESMAS KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN (Yanti, 2015)

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

HUBUNGAN PERAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DIRUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Nursafura, 2014)

KOMUNIKASI PERSUASIF USTAD TERHADAP KAUM LANSIA DI YAYASAN NURUL ARAFAH AL-ANWARIYAH, LABUHAN HAJI TIMUR, KABUPATEN ACEH SELATAN (Putra Yadi B, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy