//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERAWATAN ULANG PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUANG RAWAT ICCU DAN RUANG RAWAT JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDA LESTARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebanyakan kekambuhan gagal jantung terjadi karena pasien tidak memenuhi terapi dianjurkan, misalnya tidak mampu melaksanakan terapi pengobatan dengan tepat, melanggar pembatasan diet, tidak mematuhi tindak lanjut medis, melakukan aktivitas fisik yang berlebihan dan tidak dapat mengenali gejala kekambuhan. Serangan ulang yang menyebabkan kematian mendadak biasanya terjadi akibat gangguan irama jantung yang berbahaya, dan perlambatan denyut jantung yang berpotensi menimbulkan kematian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan kejadian perawatan ulang pasien gagal jantung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif, bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian perawatan ulang pasien gagal jantung di Ruang ICCU dan Ruang Rawat Jantung RSUDZA Banda Aceh tahun 2015. Desain penelitian Cross Sectional Study. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien dengan gagal jantung yang di rawat ulang yaitu berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan mulai tanggal 21 Juli sampai dengan 9 Agustus 2015 di Ruang ICCU dan Ruang Rawat Jantung RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Hasil analisa data nilai p- value untuk usia (0,001), jenis kelamin (0,030), riwayat hipertensi (0,002), dukungan keluarga dan sosial (0,009) dan kepatuhan (0,043). Kesimpulan terdapat hubungan antara usia, jenis kelamin, riwayat hipertensi, dukungan keluarga dan sosial, dan kepatuhan terhadap program terapi dengan kejadian perawatan ulang pasien gagal jantung di Ruang ICCU dan Ruang Rawat Jantung RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2015. Disarankan pada pemberi pelayanan agar meningkatkan penyuluhan kesehatan tentang perawatan pasien gagal jantung terutama pada saat perencanaan pulang pasca perawatan rumah sakit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SELF EFFICACYDENGAN MOTIVASI DALAM MENJALANI TERAPI PADA PASIEN GAGAL JANTUNGRNDI RUMAH SAKITUMUMDR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (Desi Dian Pratiwi, 2015)

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)

DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN, DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LIYA HARNINGSIH, 2016)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy