//

INDEKS DMF-T TUNA GRAHITA DAN TUNA RUNGU DI SMPLB YPPC LABUI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ali Mahfud - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Ali Mahfud Program studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Indeks DMF-T Tuna Grahita dan Tuna Rungu di SMPLB YPPC Labui Kota Banda Aceh Karies merupakan penyakit pada jaringan keras gigi yang disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab utama karies adalah tempat, mikroorganisme, substrat, dan waktu. Sama halnya dengan individu normal, pemeriksaan karies perlu dilakukan pada individu yang mengalami cacat mental dan fisik. Tuna grahita dan tuna rungu memiliki masalah serius dalam hal ini karena memiliki persentase karies yang tinggi. Hal ini dikarenakan tuna grahita dan tuna rungu memiliki keterbatasan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karies pada anak tuna grahita dan tuna rungu di SMPLB YPPC Labui Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan metode total sampling, subjek pada penelitian ini sebanyak 23 orang yang terdiri dari 17 orang tuna grahita dan 6 orang tuna rungu. Penelitian ini menggunakan indeks DMF-T sebagai tolak ukur untuk mengetahui gambaran karies pada anak tuna grahita dan tuna rungu. Hasil penelitian menunjukkan indeks DMF-T anak tuna grahita yaitu 5 (termasuk kategori tinggi menurut WHO), sedangkan indeks DMF-T pada anak tuna rungu yaitu 10,03 (termasuk kategori sangat tinggi menurut WHO). Kesimpulan pada penelitian ini adalah Indeks DMF-T di SMPLB YPPC Labui Kota Banda Aceh yaitu 6,5, yang menurut WHO termasuk kategori tinggi. Kata kunci: tuna grahita, tuna rungu, karies, indeks DMF-T

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI LIKOK PULO PADA SISWA TUNA RUNGU DI SMPLB ANEUK METUAH KOTA JANTHO (ZILFA RIZKI, 2019)

PEMBELAJARAN OLAH TUBUH PADA SISWA TUNA RUNGU DI SDLB LABUI BANDA ACEH (NURUL FADHILLAH, 2016)

ANALISIS PERSEPSI ORANG TUA SERTA DUKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP ANAK TUNA GRAHITA DI KECAMATAN MEUREUDU DAN MEURAH DUA PIDIE JAYA (ASSYURA AULIA ZF, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN RONGGA MULUT ORANG TUA TERHADAP KESEHATAN JARINGAN PERIODONTAL SISWA TUNAGRAHITA SMPLB YPPC LABUI (Aprian Nur Ramadhan, 2014)

KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MURID TUNARUNGU-WICARA DALAM PENYESUAIAN DIRI TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL DI USIA REMAJA (SHAHIRA ULFA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy