//

INVENTARISASI DAN ANALISIS KERUGIAN EKONOMI AKIBAT SERANGAN RAYAP PADA BANGUNAN SEKOLAH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muslim - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian mengenai inventarisasi rayap dan analisis kerugian ekonomi akibat serangan rayap pada bangunan sekolah di Kota Banda Aceh berlangsung dari Maret sampai September 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis rayap yang menyerang bangunan sekolah di Kota Banda Aceh, memetakan penyebaran rayap dan menganalisis besarnya kerugian ekonomi akibat serangan rayap terhadap bangunan sekolah di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan memeriksa langsung ke tempat-tempat yang diduga menjadi habitat rayap di setiap sekolah. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis rayap yang terdiri dari Coptotermes curvignathus (Holmgren) C. gestroi, (Wasmann) alate, C. kalshoveni (Kemner), Ancitrotermes pakistanicus dan Nasutitermes matangensis (Haviland) yang tergolong dalam tiga genera (Ancitrotermes, Coptotermes dan Nasutitermes) dan dua famili (Rhinotermitidae dan Termitidae). Penyebaran rayap ditemukan dalam bentuk merata dan berkelompok. Total kerugian ekonomi akibat serangan rayap pada bangunan sekolah di Kota Banda Aceh adalah Rp3.285.000, sedangkan kerugian per tahun adalah Rp657.000. Kata kunci: rayap, sekolah, kerugian ekonomi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI JENIS TANAMAN YANG TERDAPAT DI PERKARANGAN SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (Nurlaili Qadri, 2018)

STUDI SERANGAN RAYAP PADA TANAMAN KAKAO (THEOBROMA CACAO LINN.) YANG DIKELOLA SECARA MONOKULTUR DAN AGROFORESTRI DI ACEH BARAT DAYA (Jaili Marlina, 2013)

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN SEKOLAH LANJUTAN DI WILAYAH KOTA LANGSA (Sigit Purwanto, 2020)

PERILAKU MENGKONSUMSI RAYAP (ISOPTERA) OLEH ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI STASIUN REINTRODUKSI JANTHO, ACEH BESAR (NABILA, 2017)

PENDUGAAN UKURAN POPULASI KOLONI DAN DAYA JELAJAH RAYAP COPTOTERMES CURVIGNATHUS HOLMGREN DI PERTANAMAN PALA DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Fachrizal Yusmar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy