//

INVENTARISASI DAN STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN GADUNG (DIOSCOREA SPP.) DI KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hanny Herzegovina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang jumlah jenis gadung (Dioscorea spp.) yang terdapat di Kabupaten Aceh Utara dan mendapatkan informasi etnobotani masing-masing jenis tersebut. Penelitian yang dilakukan dari bulan April hingga September 2015 ini menggunakan metode survey eksploratif dan dokumentatif untuk inventarisasi, metode purposive sampling untuk pemilihan lokasi penelitian serta metode Participatory Rural Appraisal (PRA) dan snowball sampling untuk studi etnobotani. Penelitian dilakukan di 10 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis tumbuhan gadung yang terdapat di Aceh Utara yaitu Dioscorea alata, Dioscorea bulbifera, dan Dioscorea hispida. Jenis D. alata dan D. hispida merupakan gadung yang digunakan sebagai bahan pangan dan obat-obatan. Terdapat 18 total cara pengolahan D. alata dan D. hispida. 13 cara pengolahan pangan dan 13 cara pengolahan untuk mengobati penyakit. Jumlah pangan yang dihasilkan dari pengolahan umbi D.alata sebanyak 10 jenis masakan sedangkan pengolahan umbi D. hispida menghasilkan sebanyak 3 jenis masakan. Jumlah penyakit yang dapat diobati dari hasil pengolahan umbi D.alata sebanyak 7 jenis penyakit sedangkan hasil pengolahan umbi D. hispida dapat mengobati 2 jenis penyakit. Selain sebagai obat dan pangan D. alata digunakan sebagai pewarna makanan alami sedangkan D. hispida digunakan sebagai pengeras getah karet serta racun ikan. D. bulbifera tidak dimanfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Aceh Utara.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISTUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN GADUNG (DIOSCOREA SPP.) PADA MASYARAKAT LOKAL SEKITAR HUTAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Tia Russita, 2020)

EKSTRAKSI DAN KARAKTERISASI INULIN DARI UMBI GADUNG (DIOSCOREA ALATA) DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI PREBIOTIK (Aklima, 2019)

KARAKTERISASI DYE ALAMI BUAH JAMBLANG(SYZYGIUM CUMINI) DAN GADUNG UNGU (DIOSCOREA ALATA)SEBAGAI APLIKASI DYE SENSITIZED SOLAR CELL(DSSC) (Hadijah, 2014)

ETNOBOTANI PADA SUKU GAYO KECAMATAN BINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Rainawati, 2017)

KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT DAN STATUS EKOLOGINYA DI KAWASAN CAGAR ALAM HUTAN PINUS JANTHO, ACEH BESAR (LIZA FADHILLAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy