//

ETNOBOTANI TUMBUHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA OLEH MASYARAKAT KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maisaraty - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian mengenai etnobotani tumbuhan pakan ternak ruminansia oleh masyarakat Kabupaten Aceh Besar telah berlangsung dari bulan April sampai September 2015 yang bertempat di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Besar, yaitu Lembah Seulawah, Seulimum, Blang Bintang, Ingin Jaya, Mesjid Raya dan Peukan Bada. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah jenis tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Besar sebagai pakan ternak ruminansia khususnya sapi dan kambing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 91 jenis tumbuhan dari 27 suku dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Besar sebagai pakan ternak ruminansia. Enam jenis diantaranya belum dapat diidentifikasi. Jumlah tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi adalah 62 jenis, sedangkan jumlah tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing adalah 74 jenis. Terdapat lima organ tumbuhan yang digunakan sebagai pakan ternak, yaitu daun, batang, buah, umbi dan biji. Penggunaan tumbuhan pakan terdiri dari tiga cara, yaitu dalam bentuk segar, kering dan dihaluskan. Masyarakat memperoleh tumbuhan pakan dari tujuh tempat, yaitu pekarangan, kebun, padang rumput, pinggir jalan, sawah, perbukitan dan pinggir sungai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ETNOBOTANI MASYARAKAT GAYO DI KECAMATAN BLANGKEJEREN, KABUPATEN GAYO LUES (Tuti Wahyuni, 2019)

ETNOBOTANI PADA SUKU GAYO KECAMATAN BINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Rainawati, 2017)

KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT DAN STATUS EKOLOGINYA DI KAWASAN CAGAR ALAM HUTAN PINUS JANTHO, ACEH BESAR (LIZA FADHILLAH, 2020)

STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN AREN (ARENGA PINNATA (WURMB.) MERR.) PADA MASYARAKAT LOKAL KABUPATEN ACEH TENGAH (Hilmina Itawarnemi, 2016)

STUDI ETNOBOTANI PALA DI KABUPATEN ACEH SELATAN (cut windasari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy