//

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyu Syahputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas makrozoobentos serta kandungan C-Organik pada substrat dan tekstur substrat sebagai habitat makrozoobentos di padang lamun Pulo Aceh. Metode yang digunakan dalam penentuan lokasi penelitian adalah metode survey explorative. Pengambilan sampel dilakukan pada 3 stasiun yaitu Desa Lamteng, Desa Gugop, dan Desa Ulee Paya. Setiap stasiun dibagi menjadi 3 substasiun yaitu tegak lurus garis pantai dimana setiap sub stasiun diletakkan 5 plot sejajar garis pantai sebagai pengulangan. Pengambilan sampel makrozoobentos menggunakan metode transek kuadrat dengan ukuran 1x1 m 2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 20 spesies makrozoobentos yang terdiri dari 16 spesies dari kelas Gastropoda, 2 dari kelas Pelycypoda, 1 dari kelas Ophiuroidea, dan 1 dari kelas Echinoidea. Komposisi makrozoobentos dari tertinggi hingga terendah yaitu kelas Gastropoda sebesar 94 % (Oktober) dan 95 % (Januari) kemudian diikuti oleh kelas Ophiuroidea 3 % (Oktober) dan 2 % (Januari), kelas Pelycypoda 1 % (Oktober) dan 2 % (Januari) dan kelas Echinoidea 1 % (Oktober) dan 1 % (Januari). Kepadatan tertinggi terdapat pada stasiun 1 yaitu 17,3 ind/m 2 (Oktober) dan 15,3 ind/m 2 (Januari). Indek keanekaragaman berkisar 2,18-2,84 ; indeks keseragaman berkisar 0,77-0,90 ; indeks dominansi berkisar 0,20-0,29. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa lingkungan pada daerah penelitian masih dalam katagori sedang (moderat). Kata kunci : Pulo Aceh, Lamun, Makrozoobentos, Struktur Komunitas, C-Organik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN DI KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (MURSALIN, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (SORAYA NABILA, 2015)

KERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DIGAMPONG LAMTENG PULO NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Zukira, 2014)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DAN LUASAN TUTUPAN LAMUNDI KAWASAN UJONG PANCU KABUPATEN ACEH BESAR (Fauca Khairul Ramadhan, 2015)

DESKRIPSI HABITAT PANULIRUS (LOBSTER) DI KAWASAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Hermi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy