//

KANDUNGAN TOTAL PADATAN TERSUSPENSI (TOTAL SUSPENDED SOLID) DI PERAIRAN GAPUI KECAMATAN LHONG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SANDI MUSVIZA SAFRIADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan total total padatan tersuspensi (Total Suspended Solid) di perairan Gapui Kecamatan Lhong Kabupaten Aceh Besar. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Penelitian ini dilakukan pada 3 (tiga) titik lokasi dengan 5 (lima) kali pengulangan dalam rentang waktu rentang waktu lima minggu. Sampel yang diperoleh dilokasi akan dianalisis di Laboratorium Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dengan uji total padatan tersuspensi (Total Suspended Solid). Hasil penelitian menunjukkan kandungan total padatan tersuspensi (TSS) tertinggi di Perairan Gapui adalah 0,06 mg/L, kandungan terendah yaitu 0,02 mg/L dan kandungan rata-ratanya adalah 0,03 mg/L dan kandungan rata-rata adalah 0,037 mg/L. Kandungan ini masih jauh dari Nilai Ambang Batas (NAB) yang ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah No.82 tahun 2001 yaitu 50 mg/L, sehingga masih aman untuk kegiatan perikanan di kawasan tersebut. Tingkat kecerahan air di Perairan Gapui mencapai 100%. Hal ini dikarenakan titik pengambilan sampel di sungai tersebut memiliki kedalaman lebih kurang 200 cm (± 2 m). Kecepatan arus di Perairan Gapui, pada Stasiun 1 kecepatannya 0 meter/detik (m/s). Pada titik ini, air sungai tidak mengalir sama sekali, karena muara dalam keadaan tertutup. Pada Stasiun 2, kecepatannya 0,083 m/s. Pada stasiun ini, aliran air sungai sudah terasa, walaupun tidak begitu deras. Pada Stasiun 3, arus air sungai di Perairan Gapui sudah mencapai 0,100 m/s. Kata Kunci: Total padatan tersuspensin (Total suspended Solid), air sungai, perairan Gapui

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DISTRIBUSI SEDIMEN TERSUSPENSI DI PERAIRAN LAMTENG, PULAU ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (YOANITA FASLA ARSYAMI, 2020)

KARAKTERISASI MEMBRAN POLYETHERSULFONE (PES) UNTUK PENGOLAHAN AIR SUNGAI SECARA ULTRAFILTRASI: MENURUNKAN TOTAL DISSOLVED SOLID DAN TOTAL SUSPENDED SOLID (MAIZATUL MUNA, 2018)

KARAKTERISASI MEMBRAN POLYETHERSULFONE (PES) UNTUK PENGOLAHAN AIR SUNGAI SECARA ULTRAFILTRASI: MENURUNKAN TOTAL DISSOLVED SOLID DAN TOTAL SUSPENDED SOLID (MUHAMMAD AKA WAHYUDI, 2019)

ANALISIS PERSENTASE BERAT SEDIMEN TERSUSPENSI DI PERAIRAN TEMPAT PENDARATAN IKAN LAMPULO KOTA BANDA ACEH PROVINSI ACEH (kurniati, 2014)

ANALISIS DISTRIBUSI SEDIMEN TERSUSPENSI DI PERAIRAN ALUE RIYEUNG, PULAU NASI, KABUPATEN ACEH BESAR (RISYAD MAULANA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy