//

STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN DI KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MURSALIN - Personal Name
SubjectSEAWEEDS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis-jenis lamun dan struktur komunitas lamun di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan dua kali waktu pengamatan yaitu pada bulan Oktober 2014 dan bulan Januari 2015. Penelitian ini menggunakan metode survei exploratif untuk menentukan stasiun pengamatan. Pengambilan data lamundibagi menjadi 3 stasiun dimana setiap stasiun terdapat 3 sub stasiun dengan 10 plot pengamatan. Metode yang digunakan untuk mengambil data padang lamun yaitu metode transek garis singgung (PIT) 200 m dan teknik sampling kuadrat (1 m 2 ) dengan penyusunan Transek dibentangkan sejajar garis pantai dan jarak satu substasiun ke substasiun lainnya 50 meter serta jarak satu transek kuadrat dengan transek kuadrat berikut 20 meter. Hasil penelitian ditemukan 2 famili lamun yang terdiri dari 3 jenis lamun, yaitu: Thalassia hemprichii, Syringodium isoetifolium, dan Halophillaovalis. Pada stasiun I terbentuk Padang lamun heterospesifik, sedangkan stasiun II dan III terbentuk padang lamun yang monospesifik. Persentase penutupan tertinggi terdapat pada stasiun I sub 1 dengan total rata-rata total penutupan 66,74%, Penutupan terendah terdapat pada stasiun II sub 1 dengan to tal rata-rata penutupan 1,70%. Untuk kerapatan jenis lamun tertinggi ditemukan pada stasiun I sub 3 dengan total rata-rata sebanyak 657,6 tegakan/m 2 , kerapatan terendah ditemukan pada stasiun II sub 3 dengan total rata-rata kerapatannya hanya mencapai 48,6 tegakan/m 2 . Indeks biologis yang digunakan untuk mengetahui struktur komunitas lamun yaitu keanekaragaman jenis, keseragaman jenis, dan dominansi jenis. Struktur komunitas lamun selama penelitian yaitu diperoleh nilai indeks keanekaragaman ( H’) berkisar 0 – 0,97, indeks keseragaman (E) berkisar 0– 0,59 dan indeks dominansi (D) berkisar 0,52 – 1. Kata kunci: struktur komunitas, lamun, Pulo Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (SORAYA NABILA, 2015)

KAJIAN STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN DI PULAU MATAHARI ACEH SINGKIL (Herli Saswito, 2015)

KERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DIGAMPONG LAMTENG PULO NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Zukira, 2014)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (Wahyu Syahputra, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS PADANG LAMUN PADA KEDALAMAN YANG BERBEDA DI TELUK AHMAD RHANG MANYANG KABUPATEN ACEH BESAR (AHMAD MAULIDA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy