//

STRUKTUR KOMUNITAS DAN PERSENTASE LUAS PENUTUPAN MAKROALGA DI PERAIRAN TELUK KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LINDA FITRIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

iii ABSTRAK Penelitian tentang struktur komunitas dan persentase penutupan makroalga di perairan teluk Kabupaten Aceh Selatan bertujuan untuk melihat bagaimana kepadatan, komposisi jenis, keanekaragaman, keseragaman, dominansi dan persentase penutupan makroalga pada perairan kabupaten Aceh Selatan. Pengambilan sampel dan data dilakukan pada 21-26 April 2015 dengan menggunakan metode purposive sampling. Titik pengambilan sampel dan data dibagi kedalam 6 stasiun penelitian dimana sampling menggunakan metode transek garis 20 m di Substasiun 1 dan 2 dimana transek kuadrat 1x1 m diletakkan sejajar garis pantai sebanyak 3 kali pengulangan (plot) pada siang hari menjelang surut air laut. Ditemukan sebanyak 1623 individu dari 23 jenis makroalga pada 3 kelas berbeda dengan komposisi jenis paling tinggi dari kelas Phaeophyceae 55%. Struktur komunitas dengan keanekaragaman indeks 2.15 menunjukkan bahwa spesies makroalga yang hidup di perairan Aceh Selatan cukup beragam (moderat), keseragaman spesies tinggi/merata dengan nilai 0,75 dengan dominansi spesies dengan nilai 0,32 yang rendah/tidak ada dominansi spesies . Rata-rata persentase penutupan makroalga adalah 26,34 % terhadap substrat. Kata kunci : Makroalga, Struktur komunitas, Aceh Selatan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN DAN KARAKTERISTIK HABITAT MAKROALGA DI PERARIRAN LHOKSEUDU KECAMATAN LEUPUNG (NAZIRA MAULIZA. AY, 2018)

STRUKTUR KOMUNITAS PERIFITON PADA MAKROALGA ULVA LACTUCA DI PERAIRAN PANTAI ULEE LHEUE, BANDA ACEH (Cut Hanum Ameilda, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA (BULU BABI) DI PERAIRAN PESISIR PANTAI TELUK NIBUNG KECAMATAN PULAU BANYAK KABUPATEN ACEH SINGKIL (Ibrahim, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS PADANG LAMUN PADA KEDALAMAN YANG BERBEDA DI TELUK AHMAD RHANG MANYANG KABUPATEN ACEH BESAR (AHMAD MAULIDA, 2018)

STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN DI KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (MURSALIN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy