KARAKTER MASYARAKAT ACEH DALAM NOVEL-NOVEL ACEH ERA 2000-AN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KARAKTER MASYARAKAT ACEH DALAM NOVEL-NOVEL ACEH ERA 2000-AN


Pengarang

Hendra Kasmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200100027

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Prog. Studi Megister Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Hendra Kasmi. 2015. Karakter Masyarakat Aceh dalam Novel-Novel Aceh Era 2000-an. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr.Ramli, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Husaini, M.A.

Kata kunci : karakter masyarakat Aceh, novel Aceh
Penelitian ini berjudul Karakter Masyarakat Aceh dalam Novel-Novel Aceh Era 2000-an. Masalah yang akan ditelaah dalam tesis ini adalah bagaimanakah karakter masyarakat Aceh dalam novel-novel Aceh era 2000-an. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter masyarakat Aceh dalam novel-novel Aceh era 2000-an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel-novel Aceh era 2000-an, di antaranya Lampuki Karya Arafat Nur, Tentra Atom Karya Tayeb Loh Angen, Hafalan Shalat Delisa karya Darwis Tere Liye, Malam Memeluk Intan karya Sulaiman Tripa, Tungku karya Salman Yoga, Seulusoh karya D Kemalawati, Seulanga karya Riati M.K., Bidadari Hitam karya TI Thamrin, Percikan Darah di Bunga karya Arafat Nur, dan El-Mansiya (Yang Terlupakan) karya Zack Arya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel-novel Aceh era 2000-an menampilkan karakter masyarakat Aceh, di antaranya pemberani, pengecut, pemarah, cerdik, rajin, setia, bijak, dan malu. Karakter berani masyarakat Aceh yang digambarkan dalam novel Aceh berhubungan dengan sikap spirit dan tegas dalam mengambil keputusan. Karakter pemarah masyarakat Aceh digambarkan dalam novel Aceh berkaitan dengan tabiat masyarakat yang sangat murka bila tidak dihargai. Karakter cerdik masyarakat Aceh yang digambarkan dalam novel Aceh berkaitan dengan kemampuan menyusun strategi, dalam membela kebenaran. Karakter setia masyarakat Aceh yang digambarkan dalam novel Aceh berhubungan dengan perilaku tulus dalam mencintai, mengingat, dan menyayangi seseorang. Karakter malu masyarakat Aceh yang digambarkan dalam novel Aceh berhubungan dengan ajaran Islam. Karakter bijak masyarakat Aceh yang digambarkan dalam novel Aceh berhubungan dengan sikap sehat akal budi. Karakter rajin masyarakat Aceh yang digambarkan dalam novel Aceh berhubungan dengan jiwa pekerja keras. Simpulan penelitian ini adalah novel-novel Aceh era 2000-an baik yang ditulis oleh penulis Aceh maupun penulis dari luar Aceh menggambarkan realita kehidupan masyarakat Aceh dengan karakter tokoh yang beragam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK