//

STUDI KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT SETELAH PENYIKATAN DENGAN PASTA GIGI DETERGEN DAN NON DETERGEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYARAFINA RAMAZANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Syarafina Ramazani Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Studi Kekasaran Permukaan Glass Ionomer Cement Setelah Penyikatan dengan Pasta Gigi Detergen dan Non Detergen Pasta gigi merupakan bahan yang digunakan bersama sikat gigi untuk membersihkan seluruh permukaan gigi. Penggunaan pasta gigi dapat meningkatkan kekasaran permukaan restorasi, salah satu restorasi yang sering digunakan adalah GIC. Pasta gigi yang beredar di pasaran tersedia pasta gigi detergen dan non detergen. Pasta gigi dapat meningkatkan kekasaran permukaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penyikatan gigi menggunakan pasta gigi detergen dan non detergen terhadap kekasaran permukaan GIC. Spesimen berjumlah 20 buah dengan ukuran diameter 10 mm dan tebal 2 mm dibagi menjadi 2 (n=10) kelompok, kelompok pertama penyikatan dengan pasta gigi detergen dan kelompok kedua penyikatan dengan pasta gigi non detergen. Kekasaran permukaan diukur menggunakan Surface Roughness Tester. Data dianalisis dengan uji t berpasangan dan uji t tidak berpasangan. Dari hasil analisis statistik uji t berpasangan diperoleh adanya perbedaan kekasaran permukaan sebelum dan sesudah penyikatan gigi pada tiap kelompok (p0,05). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat peningkatan kekasaran permukaan setelah penyikatan menggunakan pasta gigi detergen dan non detergen. Namun, tidak ada perbedaan kekasaran permukaan setelah penyikatan antara detergen dan non detergen. Kata kunci : Glass Ionomer Cement (GIC), kekasaran permukaan, penyikatan, pasta gigi detergen, pasta gigi non detergen

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PASTA GIGI DENGAN KANDUNGAN DETERGEN (SODIUM LAURYL SULFATE) DAN NON DETERGEN TERHADAP PENURUNAN SKOR PLAK (Zia Emiralda, 2016)

STUDI KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT SETELAH PENYIKATAN DENGAN PASTA GIGI MENGANDUNG ALUMINIUM OXIDE DAN TANPA ALUMINIUM OXIDE (Asmaul Husna, 2015)

PENGARUH COATING GLASS IONOMER CEMENT KAPSUL TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN SETELAH PAPARAN KOPI DAN ROKOK (Anggie Safitri H, 2017)

KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) TANPA DAN DENGAN PENAMBAHAN KITOSAN SETELAH PERENDAMAN DALAM KOPI ARABIKA GAYO (Dewi Setianingrum, 2015)

PENGARUH PAPARAN KOPI DAN ROKOK TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT KAPSUL YANG DI-COATING (SAYED RUSTIA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy