//

PERMAINAN DAN PERILAKU ANAK (STUDI KOMPARATIF PADA DAERAH RURAL DAN SUB-URBAN DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rizki ilhamullah - Personal Name
SubjectCHILDREN
BEHAVIOR - SOCIAL PSYCHOLOGY
GAMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zaman yang terus berkembang memacu peradaban budaya yang semakin terus berubah. Tidak hanya perkembangan dari seni budaya tetapi juga berkembangnya teknologi semakin bertambah maju. Perubahan tidak hanya terjadi pada lingkungan sosial tetapi juga pada pola bermain anak-anak. Proses dan cara bermain anak-anak dari hari ke-hari mengalami perubahan, yaitu berubah dari permainan tradisional ke permainan modern, perubahan permainan tersebut telah memberikan dampak negatif bagi perilaku anak, khususnya bagi anak-anak yang tinggal didaerah sub-urban dengan permainan modern. Namun berbanding terbalik dengan perilaku anak yang tinggal di daerah rural dengan permainan tradisionalnya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor dan dampak apa saja yang ditimbulkan oleh perubahan permainan dari tradisional kemodern terhadap perilaku anak yang ada di daerah sub-urban dan di daerah rural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori perkembangan kognitif dari Jean Piaget yang menyatakan bahwa anak beradaptasi dengan objek dan kejadian-kejadian sekitarnya, bagaimana anak mempelajari atau meniru ciri-ciri dan fungsi dari objek- objek seperti mainan, alat-alat, dan makanan serta objek-objek sosial seperti diri sendiri, orangtua dan teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan permainan tradisional ke permainan modern dikarenakan adanya faktor, seperti : modernisasi, perpindahan dari kota ke desa dengan membawa budaya kota, selera, pergaulan dan juga kurang bimbingan orang tua dalam mengontrol permainan anaknya, sehingga berdampak pada perilaku anak, hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban yang harus dilakukan oleh anak semakin lama semakin diabaikan karena waktu bermain anak yang sudah tidak wajar lagi, anak-anak semakin candu terhadap permainan yang berbasis modern khususnya anak-anak yang tinggal di daerah sub-urban, sehingga perbedaan perilaku anak yang ada didaerah sub-urban sangat berbeda dengan perilaku anak yang tinggal didaerah rural. Kata kunci : Permainan dan Perilaku Anak

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE LANTAI DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Dina Fitri, 2019)

GAMBARAN TINGKAT KEBERSIHAN RONGGA MULUT ANAK TUNAGRAHITA DAN PERILAKU ORANG TUA (STUDI PADA YPAC ACEH TAHUN 2018) (MHD IQBAL SUNGKAR, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOWLING DI TK LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Ulfa Khairuna, 2019)

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy