//

HUBUNGAN JUMLAH EOSINOFIL ABSOLUT DARAH DENGAN DERAJAT KONTROL ASMA PADA PENDERITA ASMA BRONKIAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang desi maghfirah.m - Personal Name
SubjectBRONCHIAL ASTHMA
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Pendidikan Dokter Spesialis
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN JUMLAH EOSINOFIL ABSOLUT DARAH DENGAN DERAJAT KONTROL ASMA PADA PENDERITA ASMA BRONKIAL Latar Belakang Asma merupakan penyakit saluran napas kronis yang mempunyai dampak sosial yang cukup besar, dan asma terkontrol merupakan tujuan pengobatan asma. Eosinofil darah merupakan penanda tidak langsung inflamasi jalan napas pada asma, dikatakan bahwa jumlah eosinofil absolut darah dapat menunjukkan aktifitas asma, namun hubungannya dengan derajat kontrol asma masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan jumlah eosinofil absolut darah dengan derajat kontrol asma pada penderita asma bronkial, dan korelasi antara nilai kuesioner ACT dengan APE dalam menilai derajat kontrol asma. Metode Penelitian deskriptif bersifat observasional analitik dengan waktu pengukuran potong lintang pada 49 orang subjek penelitian yang dipilih secara consecutive sampling pada periode agustus hingga september 2015 di poliklinik penyakit dalam RSUDZA. Parameter yang diperiksa adalah anamnesis, pemeriksaan fisik, kuisoner ACT, pemeriksaan jumlah eosinofil absolut darah perifer dan pemeriksaan APE. Hasil penelitian dianalisa menggunakan one way annova, uji T tidak berpasangan, spearman’s correlation. Hasil Subjek penelitian berjumlah 49 orang terbagi dalam tiga kelompok derajat asma berdasarkan ACT yaitu, 17 orang pada kelompok asma tidak terkontrol (skor ACT ≤19), 16 orang kelompok asma terkontrol sebagian (skor ACT 20-24), 16 orang kelompok asma terkontrol total (skor ACT 25), dan berdasarkan nilai APE subjek penelitian terbagi dalam dua kelompok yaitu 38 orang pada kelompok asma tidak terkontrol (nilai APE

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit Waladi, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit waladi, 2014)

HUBUNGAN DERAJAT BERAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA BRONKIAL DI RSUDZA BANDA ACEH (Rizti Aqli, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT RINITIS ALERGI TERHADAP TINGKAT KONTROL ASMA BRONKIAL DI RSUDZA BANDA ACEH (M Rizkan Fauzi, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN ASMA BRONKIAL DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Ety Suhira, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy