//

UPAYA PREVENTIF PRIMER PENYAKIT KUSTA PADA KELUARGA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD ARIEF - Personal Name
SubjectLEPROSY-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 14 Agustus 2015 xiv + VI BAB + 46 halaman + 14 tabel + 1 skema + 14 lampiran MUHAMMAD ARIEF 1107101020008 UPAYA PREVENTIF PRIMER PENYAKIT KUSTA PADA KELUARGA DI KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Penyakit kusta sampai sekarang masih menjadi salah satu permasalahan dalam keperawatan komunitas yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia khususnya di kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pencegahan penyakit kusta yang dilakukan oleh kepala keluarga di kota Banda Aceh. Jenis penelitan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kepala keluarga penderita kusta yang berjumlah 17 orang. Besar sampel penelitian ini adalah 17 orang.Tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan di 13 desa yang terdapat di kota Banda Aceh pada tanggal 5 sampai 6 Agustus 2015. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan wawancara terpimpin pada kepala keluarga penderita kusta dengan cara peneliti mengunjungi rumah responden dari rumah ke rumah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner yang terdiri dari 22 pertanyaan. Analisa data menggunakan analisa univariat baik bila x ≥ x̄ dan buruk bila x < x̄. Hasil penelitian menunjukan upaya preventif primer penyakit kusta dalam meningkatkan daya tahan tubuh pada keluarga menunjukkan kurang 10 orang (58,8%), upaya preventif primer penyakit kusta dalam memutuskan rantai penularan pada penderita kusta menunjukkan kurang 9 orang (53%), upaya preventif primer penyakit kusta dalam melakukan pemeriksaan berkala pada petugas yang beresiko tinggi menunjukkan baik 9 orang (53%), dan upaya preventif primer penyakit kusta dalam menjaga kebersihan diri, keluarga, masyarakat dan lingkungan menunjukkan hasil baik 10 orang (58,%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya preventif primer penyakit kusta pada keluarga di kota Banda Aceh menunjukkan hasil kurang 9 orang (53%). Peneliti menyarankan kepada kepala keluarga yang berada di kota Banda Aceh agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada anggota keluarganya, menyediakan tempat khusus bagi penderita kusta dan selalu menjaga kebersihan diri, keluarga, masyarakat dan lingkungan agar mendapatkan kualitas hidup yang baik. Kata kunci : Preventif, kusta Daftar Bacaan : 16 Buku (1996-2012) + 1 Sumber Online (2015).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENYAKIT KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEUSANGAN, JEUMPA DAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN (Kanna Inne Raisa, 2018)

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN ACEH UTARA (Khumaira Riani, 2015)

HUBUNGAN KEPATUHAN PETUGAS KESEHATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN PROGRAM PENGOBATAN PENYAKIT KUSTA DI RUMAH SAKIT KUSTA LAU SIMOMO KABAN JAHE (Ade Setiawati Hasibuan, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGANYA TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PIDIE JAYA (Cut Rahmi Soraya, 2015)

ANALISIS PENENTUAN FAKTOR PREDIKTOR TINGKAT SKALA STIGMA EMIC (EXPLANATORY MODEL INTERVIEW CATALOGUE) TERMODIFIKASI TERHADAP KUSTA PADA MASYARAKAT GAMPONG MEUNASAH KEUDEE KECAMATAN MASJID RAYA ACEH BESAR (ikram, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy