//

UJI PERFORMANSI MESIN SANGRAI KOPI TIPE SILINDER DILENGKAPI SIRIP PENGADUK (FLIGHT)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Edi Gunawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Meningkatnya nilai konsumsi kopi menjadi pendorong bagi pelaku pengolahan kopi untuk meningkatkan produksinya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki alat penyangrai yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian mesin sangrai tipe silinder berputar yang dilengkapi flight dan diharapkan dapat mempercepat proses penyangraian dengan kadar air sangrai yang lebih seragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja mesin sangrai tipe silinder berputar yang dilengkapi flight untuk penyangraian kopi robusta sebanyak 10 kg/penyangraian. Prosedur penelitian dimulai dengan persiapan alat, pengumpulan data, dan analisa data. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Pengamatan dan analisis data meliputi distribusi suhu, kadar air, laju penyangraian, kebutuhan daya, kapasitas kerja, kebutuhan energi panas, efisiensi penyangraian dan rendemen. Hasil penelitian menunjukkan penyangraian dilakukan pada tingkat distribusi suhu 210-2200C yaitu katagori tingkat sangrai gelap dengan kadar air kopi sangrai rata-rata berkisar antara 0,40%bb - 0,53%bb dengan tingkat kematangan yang relatif seragam. Rerata laju penyangraian didapat 12,98%/jam dan memenuhi persyaratan unjuk kerja BSN (SNI 7465:2008). Daya yang dibutuhkan motor listrik untuk menggerakkan silinder sangrai adalah 689,33 Watt. Mesin sangrai tipe silinder yang dilengkapi flight memiliki kapasitas kerja 10 kg/jam. Efisiensi penyangraian kopi robusta berkisar antara 46,60% sampai 53,54%. Rendemen sangrai diperoleh berkisar antara 73,90% - 75,34%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KINERJA ALAT PENYANGRAI KOPI TIPE SILINDER DENGAN MENGGUNAKAN BAND HEATER SEBAGAI PEMANAS (Gamal Abdil Nasir, 2019)

KAJIAN PERPINDAHAN PANAS KONVEKSI PADA HEAT EXCHANGER TIPE TUBE DENGAN KONFIGURASI JARAK SIRIP (Dedi Afandi, 2019)

UJI KINERJA MESIN SORTASI TIPE SILINDER UNTUK BIJI KOPI BERDASARKAN UKURAN (MAULIDZAR MJ, 2014)

KAJI EKSPERIMENTAL SISTEM RECOVERY GAS BUANG MOTOR BAKAR DIESEL MENGGUNAKAN GENERATOR TERMOELEKTRIK (Muhajir, 2020)

MODIFIKASI MESIN PENGADUK KOMPOS PELEPAH SAWIT TIPE DRUM ROTARY DOUBLE HELIX DENGAN PENAMBAHAN HOPPER DAN MENGGANTI MATA PENGADUK UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS KERJA (ADITYA SIDDIQ, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy