//

HUBUNGAN PENGETAHUAN SWAMEDIKASI TERHADAP RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT PASIEN LANJUT USIA DI BEBERAPA APOTEK WILAYAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shara Yunita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang swamedikasi terhadap pasien lanjut usia di beberapa apotek wilayah Banda Aceh telah dilakukan dengan tujuan mempelajari gambaran pengetahuan pasien lanjut usia tentang swamedikasi, gambaran rasionalitas penggunaan obat swamedikasi oleh pasien lanjut usia, dan menentukan hubungan antara pengetahuan pasien lanjut usia swamedikasi dengan rasionalitas penggunaan obat. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan pendekatan secara cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dengan melibatkan responden sebanyak 157 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisis univariat menunjukkan pengetahuan pasien lanjut usia tentang swamedikasi yaitu kategori pengetahuan baik (18,5%), pengetahuan sedang (59,2%) dan pengetahuan buruk (22,3%), sedangkan persentase rasionalitas penggunaan obat oleh pasien lanjut usia yaitu penggunaan obat rasional (54,1%) dan penggunaan obat yang tidak rasional (45,9%). Hasil analisis bivariat menggunakan uji Chi-square menghasilkan nilai p 0,009 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan swamedikasi dengan rasionalitas penggunaan obat. Penggunaan obat yang rasional pada pasien lanjut usia dengan pengetahuan baik 10,8%, pengetahuan sedang 36,3%dan pengetahuan buruk 7%. Kata Kunci: swamedikasi, pengetahuan, rasionalitas, lanjut usia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI MANAJEMEN NYERI PASCA-OPERASI PADA PASIEN GERIATRI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH (AIDA APRIANI, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DISMENOREA PRIMER TERHADAP SWAMEDIKASI PADA MAHASISWI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2016 (Anggun Rosalina, 2017)

GAMBARAN KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN OBAT TRADISIONAL PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH BANDA ACEH (ZAIRA HARVIA, 2020)

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

KAJIAN PENGGUNAAN OBAT TRADISIONAL MELALUI SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT PIDIE (Hardiana, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy