//

HUBUNGAN ANTARA KADAR SERUM HIGH SENSITIVITY C-REACTIVE PROTEIN DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT TIDAK OBESITAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr.DEDDY RIZKI - Personal Name
SubjectOSTEOARTHRITIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN ANTARA KADAR SERUM HIGH SENSITIVITY C-REACTIVE PROTEIN DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT TDAK OBESITAS Pendahuluan Osteoartritis (OA) lutut adalah salah satu jenis OA yang prevalensinya tertinggi didunia dan menyebabkan disabilitas, dengan karakteristik hilangnya fungsi sendi dan nyeri persisten, dan berkurangnya kualitas hidup. Karena tingginya angka kejadian OA lutut yang berdampak terhadap progresifitas penyakit dan sosio ekonomi masyarakat. Tujuan Untuk menganalisis hubungan antara kadar serum hs-CRP dengan derajat nyeri pada pasien OA lutut. Metode Penelitian cross sectional, deskriptif analitik terhadap 30 orang pasien OA lutut.Penelitian dilakukan di Instalasi rawat inap dan poliklinik Ilmu Penyakit Dalam RSUD Dr.Zainoel Abidin Banda Aceh dari bulan Mei hingga Agustus 2014. Parameter yang diperiksa adalah anamnesis, pemeriksaan fisik, dan kadar serum hs-CRP dan skor Visual analogue scale (VAS) pada seluruh sampel dan dinilai korelasinya. Kadar serum hs-CRP diperiksa dengan metode imunoturbidimetrik dan imuniluminometrik sedangkan penilaian derajat nyeri menggunakan kuesioner skala VAS. Hasil Total dari 30 subyek penelitian, didapatkan laki-laki 9 orang (30%), perempuan 21 orang (70%) dengan umur rerata 64,30 ± 11,33 tahun dan dengan IMT rerata 19,06 ± 1,08 kg/m2. Diperoleh rerata kadar hs-CRP adalah 40,39 ± 62,51 mg/L dan nilai VAS ringan didapatkan 9 orang (30%), sedangkan nilai VAS sedang sebanyak 21 orang (70%) dengan rerata VAS adalah 4,47 ± 1,50. Terdapat korelasi positif antara kadar serum hs-CRP dan VAS (r = 0,599, p < 0,0001). Kesimpulan Pengukuran kadar serum hs-CRP dan derajat nyeri pada penderita OA lutut berperan sebagai prediktor independent terhadap peningkatan progresifitas penyakit. Kata Kunci : hs-CRP, Osteoartritis lutut, Nyeri, VAS.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KADAR OSTEOPONTIN SERUM DAN CAIRAN SINOVIAL DENGAN TINGKAT KEPARAHAN OSTEOATHRITIS LUTUT (Dr. Andi Suryawan, 2019)

HUBUNGAN KADAR SERUM INTERLEUKIN 6 DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS LUTUT (dr. Muldani Nosarios, 2018)

HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG DAN PANGGUL DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dian Islami, 2015)

HUBUNGAN KADAR SERUM ASAM HIALURONAT DENGAN DERAJAT KEPARAHAN OSTEOARTRITIS LUTUT BERDASARKAN KELLGREN LAWRANCE DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Price maya, 2015)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH UNILATERAL DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS DAN INTENSITAS NYERI LUTUT KONTRALATERAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RISKA SANTI PUTRI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy