//

KOMPARASI KEANEKARAGAMAN PARASITOID HYMENOPTERA ANTARA KEBUN KOPI YANG DIKELOLA SECARA ORGANIK DAN NON ORGANIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syukur Hamdi - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN SYUKUR HAMDI. Komparasi keanekaragaman parasitoid Hymenoptera antara kebun kopi yang dikelola secara organik dan non organik di Kabupaten Aceh Tengah, di bawah bimbingan Sapdi sebagai pembimbing ketua dan Husni sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keanekaragaman parasitoid Hymenoptera pada perkebunan kopi yang dikelola secara non organik dan yang dikelola secara organik. Penelitian ini dilaksanakan di perkebunan kopi rakyat di Kabupaten Aceh Tengah dan dilanjutkan identifikasi di Laboratorium Hama, Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, sejak bulan Juni 2014 sampai Januari 2015. Penelitian ini menggunakan metode survei, difokuskan pada keanekaragaman parasitoid Hymenoptera. Sampling serangga dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan memilih dua hamparan kebun kopi yang dikelola secara berbeda (organik dan non organik), dengan luasan minimal 10 ha. Pada setiap tipe lahan dibuat 4 buah plot berukuran 4 x 4 m dengan jarak antar plot ± 200 m. Serangga yang telah dikoleksi dari setiap plot dibawa ke laboratorium untuk disortir dan diidentifikasi hingga tingkat morfospesies yang mengacu pada buku identifikasi yang tersedia. Adapun peubah-peubah yang diamati meliputi total parasitoid Hymenoptera, komposisi dan struktur komunitas parasitoid Hymenoptera, kekayaan, keanekaragaman, dan kemerataan spesies parasitoid Hymenoptera, serta kesamaan komunitas parasitoid Hymenoptera. Jumlah keseluruhan parasitoid Hymenoptera yang telah dikoleksi pada ekosistem perkebunan kopi di Kecamatan Atu Lintang Kabupaten Aceh Tengah adalah 17.296 individu yang termasuk dalam 13 famili dan 58 spesies. Kelimpahan individu, jumlah famili dan kekayaan spesies parasitoid Hymenoptera lebih tinggi pada kebun kopi yang dikelola secara organik dibandingkan dengan non organik. Komposisi parasitoid Hymenoptera pada kebun kopi organik tersusun lebih tinggi daripada kebun kopi non organik. Struktur komunitas parasitoid Hymenoptera pada kedua tipe habitat relatif sama karena didominasi oleh famili Braconidae dan Ichneumonidae. Kekayaan spesies parasitoid Hymenoptera pada kebun kopi organik lebih tinggi, dibandingkan non organik. Namun, keanekaragaman dan kemerataan spesies parasitoid tertinggi terdapat pada kebun kopi non organik. Dengan tingkat kemiripan komunitas antara kedua tipe habitat tergolong sedang yaitu berkisar antara 44-61%. Kata Kunci : Kopi Organik, Non Organik, Parasitoid Hymenoptera.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN HYMENOPTERA PARASITOID SEBAGAI MUSUH ALAMI HAMA DI PERKEBUNAN KOPI ORGANIK DAN KONVENSIONAL PADA BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (SAIFULLAH, 2021)

OBSERVASIKEANEKARAGAMAN ARTHROPODA PREDATOR PADA PERKEBUNAN KOPI YANG DIKELOLA SECARA ORGANIK DAN ANORGANIK DI KABUPATEN ACEH TENGAH (ZULYADEN, 2020)

TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) PADA TANAMAN KOPI ARABIKA ORGANIK DAN ANORGANIK DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Elka Mulyadi, 2019)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN PETANI KOPI ORGANIK DAN PETANI KOPI ANORGANIK PADA JENIS KOPI ARABIKA DI DESA PONDOK SAYUR KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Ita Erfina, 2020)

RASIO SERANGAN HAMA TANAMAN KOPI (COFFEA ARABIKA L.) POLA PENGELOLAAN ORGANIK DAN NONORGANIK PADA KETINGGIAN TEMPAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (AZHARI MY, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy